BolaSkor.com - Pertandingan akbar LaLiga antara Real Madrid melawan Barcelona akan digelar pada Senin (21/3) dini hari WIB. Baik Madrid atau Barcelona adalah dua klub dengan capaian prestasi terbanyak di Spanyol.

Pada edisi kali ini, kedua tim punya misi berbeda. Jika Real Madrid membutuhkan tiga poin untuk semakin mengukuhkan posisi di papan atas, Barcelona berupaya menang untuk mengamankan posisi di zona Liga Champions.

Meski punya kepentingan berbeda, tetapi sulit dimungkiri jika El Clasico selalu menjadi magnet bagi para pecinta sepak bola. Sebab, persaingan Madrid dan Barcelona sudah berlangsung lama, bahkan sebelum Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi.

Baca Juga:

Perempat Final Liga Champions: Dominasi Klub Spanyol dan Inggris

El Clasico, Barcelona Lebih Tertekan ketimbang Real Madrid

Xavi Bicara Tentang Remontada Barcelona

Sebelum pertandingan, BolaSkor telah mengumpulkan sejumlah fakta Madrid dan Barcelona yang dirangkum dalam angka. Berikut ulasannya:

Real Madrid dalam angka

1 – Peringkat di klasemen LaLiga saat ini.

3 – Satu-satunya klub Eropa yang memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut sejak restrukturisasi kompetisi (2016-18).

5 – Satu-satunya klub Eropa yang memenangkan lima Piala Eropa berturut-turut (1956-60). Juga, satu-satunya klub Spanyol yang memenangkan lima gelar LaLiga Santander berturut-turut (1986-90).

7 – Klub dengan jumlah pemain terbanyak yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or (11 trofi): Cristiano Ronaldo (4), Di Stefano (2), Kopa, Figo, Ronaldo Nazário, Cannavaro, dan Modric. Selain itu, Di Stefano dianugerahi satu-satunya "Super Ballon d'Or" dalam sejarah.

13 – Klub dengan gelar Liga Champions terbanyak dalam sejarah.

14 – Gelar yang dimenangkan oleh Miguel Munoz, pelatih tersukses dalam sejarah Real Madrid. Di antaranya, ia memenangkan 9 gelar LaLiga.

34 – Klub Spanyol dengan gelar LaLiga terbanyak.

90 – "Noventa minuti en el Bernabeu son molto longo". Ungkapan terkenal Juanito tentang pengaruh "Miedo Escenico" (demam panggung), yang dialami rival di Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

100 - Rekor jumlah poin bersama dalam satu musim LaLiga (2011-12).

121 - Rekor jumlah gol dalam satu musim LaLiga (2011-12).

450 - Gol yang dicetak di semua kompetisi oleh Cristiano Ronaldo, pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa. Dia mencetak 311 gol di LaLiga.

741 - Pertandingan yang dimainkan untuk Real Madrid oleh Raúl Gonzalez, pemain dengan pertandingan terbanyak dalam sejarah klub. Sebanyak 550 di antaranya dicatatkan di LaLiga.

1902 – Tahun berdirinya Real Madrid.

1947 – Tahun peresmian Stadion Santiago Bernabeu, satu di antara stadion terbaik dan paling ikonik di dunia.

2000 – Tahun di mana FIFA menobatkan Real Madrid sebagai "Klub Terbaik Abad 20", sebuah pencapaian unik dalam sejarah sepak bola.

Barcelona dalam angka

2 – Satu-satunya klub dalam sejarah yang memenangkan treble: liga, piala, dan Liga Champions lebih dari sekali (2009, 2015).

17 – Usia saat Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda Liga Champions (17 tahun 40 hari).

25 – Klub ini telah memenangkan 25 trofi LaLiga sepanjang sejarah mereka, gelar terbaru di tahun 2019.

34 – Klub dengan gelar Copa del Rey terbanyak dengan 34 gelar, dan yang teranyar terjadi pada tahun 2021.

42 – Dengan Ernesto Valverde sebagai pelatih, Barcelona mencatatkan 42 pertandingan tak terkalahkan di LaLiga antara 2017 dan 2018, rekor sepanjang masa di Spanyol.

66Barcelona telah memainkan 66 musim berturut-turut di kompetisi Eropa, satu-satunya tim yang melakukannya sejak 1955.

672 – Jumlah gol yang dicetak oleh pencetak gol terbanyak klub, Lionel Messi.

1.899 – Klub ini didirikan pada tahun 1899 oleh pengusaha Swiss, Hans Gamper.

6.312 – Jumlah gol yang dicetak oleh Barcelona dalam sejarah LaLiga. Jumlah itu merupakan yang terbanyak dari semua klub.

99.354 – Kapasitas stadion kandang Barcelona, Camp Nou, sekaligus menjadi kapasitas terbesar di seluruh Eropa.