Elkan Baggott Bergabung dengan Timnas Indonesia jika Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 29 November 2022
Elkan Baggott Bergabung dengan Timnas Indonesia jika Lolos Semifinal Piala AFF 2022
Elkan Baggott saat memperkuat Gillingham FC di Piala Liga Inggris atau EFL Cup. (Instagram.com/elkanbaggott)

BolaSkor.com - Elkan Baggott tidak bisa bergabung dengan Timnas Indonesia dari awal Piala AFF 2022. Pemain Gillingham FC tersebut baru dilepas oleh klubnya jika Tim Merah-Putih lolos ke semifinal.

Padahal sebelumnya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat meluangkan waktunya di sela tugasnya memimpin TC Timnas U-20 dengan terbang ke Inggris menemui perwakilan Gillingham.

Dari komunikasi yang dibangun Shin Tae-yong, Gillingham memutuskan memberikan izin Elkan Baggott memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, Elkan Baggott baru bisa bergabung jika Skuat Garuda lolos dari fase grup Piala AFF 2022 dan bermain mulai dari babak semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada 6-10 Januari 2023.

"Memang ada perjanjiannya. Jadi kalau penyisihan grup mungkin belum dapat izin. Kemungkinan (Elkan Baggott) bergabung saat semifinal," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Bermanuver demi Elkan Baggott Bela Timnas di Piala AFF 2022

Shin Tae-yong Bertolak ke Inggris, Temui Klub Elkan Baggott demi Piala AFF 2022

Keputusan Gillingham yang tidak melepas Elkan Baggott dari awal cukup beralasan. Tim dengan julukan The Gills tersebut dihadapkan dengan jadwal padat pada periode Desember 2022 sampai Januari 2023, yang bertepatan dengan penyelenggaraan Piala AFF 2022.

Di sisi lain, status Piala AFF yang bukan merupakan turnamen resmi FIFA membuat Gillingham merasa tidak punya kewajiban melepas Baggott ke tim nasional.

Dengan demikian, Elkan Baggott juga bakal melewatkan pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia yang sedang berlangsung sejak Senin (28/11) di Bali.

Selama periode TC Timnas Indonesia dan perhelatan Piala AFF 2022, Gillingham tercatat bertanding sebanyak 10 pertandingan.

Satu di antaranya adalah laga babak 16 besar Piala Liga Inggris kontra Wakil Premier League, Wolverhampton Wanderers, yang digelar pada 21 Desember atau dua hari sebelum Timnas Indonesia melakoni laga perdana Piala AFF 2022 kontra Kamboja (23/12).

Timnas Indonesia Elkan Baggott Shin Tae-yong Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan