Elkan Baggott, Kejar Mimpi dari Akademi Arsenal hingga Piala Dunia U-20 2021

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 21 Oktober 2020
Elkan Baggott, Kejar Mimpi dari Akademi Arsenal hingga Piala Dunia U-20 2021
Elkan Baggott. (PSSI)

BolaSkor.com - Pada pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-19/U-20 kali ada satu nama yang mencuri perhatian, dia adalah Elkan Baggott. Pemain berusia 17 tahun ini menunjukkan penampilannya yang luar biasa ketika bermain bersama Timnas Indonesia U-19.

Pemain yang memiliki tinggi 194 cm ini merupakan pemain keturunan Inggris-Indonesia yang lahir di Thailand. Siapa yang menyangka dia membuat keputusan yang mengejutkan, Elkan justru memilih untuk menjadi Warga Negera Indonesia (WNI) dan bermain bersama Timnas Indonesia U-19.

Elkan yang kini baru berusia 17 tahun itu memiliki seorang ayah berdarah Inggris dan Ibu berdarah Indonesia. Sebelum menetap di Inggris, Elkan pernah tinggal di Indonesia, tepatnya di daerah Tangerang Selatan, selama tiga tahun. Bahkan ia pernah meniti karier sepak bolanya di Jakarta.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Komentari Kemenangan 4-0 Timnas Indonesia U-19 dan Mahessa Bersaudara

Timnas Indonesia U-19 Menang Telak 4-0 atas Hajduk Split

Saat ini Elkan merupakan bek dari klub Inggris, Ipswich Town U-18, yang belakangan ini tenar di dunia maya. Punya masa depan yang cerah di Negeri Ratu Elizabeth, sebelum bergabung TC dengan Timnas Indonesia U-19, Elkan sempat bermain dengan Ipswich Town senior.

"Arsenal Training Center itu tempat berlatih pertama saya. Setelah itu, saya pindah ke Inggris dan bermain di Sunday League, kompetisi amatir di sana. Dari situ, karier saya dimulai. Saya bergabung dengan Witham Town, level yang lebih tinggi, dan direkrut oleh Ipswich Town U-18," ujar Elkan.

Elkan Baggott. (PSSI)

Elkan memulai kariernya di Inggris sejak umur 15 tahun. Kini ia sudah menjalani karier di Inggris kurang lebih tiga setengah tahun. Jadi wajar saja permainan Elkan sangat matang dan tenang ketika mengawal lini belakang Timnas Indonesia U-19.

"Saya bermain di akademi kategori dua. Jadi sudah melawan tim-tim seperti Watford, Crystal Palace, dan Burnley. Saya bermain di sini sejak U-15. Sekitar tiga setengah tahun. Saya berposisi sebagai bek tengah sebelah kiri, karena kaki kiri saya kuat," jelas Elkan.

Ketika manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggilnya untuk melakukan TC bersama Timnas Indonesia U-19, Elkan mengaku sangat senang.

Bahkan ia mengaku seluruh keluarganya yang ada di Indonesia pun memberikan dukungan yang sangat besar ketika dipanggil ke Timnas Indonesia U-19. Sehingga bisa membela Skuat Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia U-19. (PSSI)

“Semua keluarga terdekat saya tingal di sini (Indonesia), dan saya ingin membela negara saya, membuat negara saya bangga dan orangtua saya. Itulah mengapa saya memilih membela Indonesia. Bahkan mereka memberikan dukungan penuh kepada saya,” ucap Elkan.

Selama bermain sepak bola, Elkan Baggott memiliki dua idola yang menjadi role modelnya untuk bermain sepak bola. Kedua pemain itu adalah bek asal Liverpool, Virgil van Dijk dan legenda Manchester United, Rio Ferdinand. Menurut Elkan keduanya merupakan sosok stoper terbaik pada eranya masing-masing.

"Rio Ferdinand dan Virgil van Dijk merupakan definisi dari bek tengah berkualitas. Jadi saya mencoba bermain berdasarkan pada kedua pemain tersebut. Saat ini adalah Virgil van Dijk dan sebelumnya Rio Ferdinand. Gaya permainan saya dasarnya mirip dengan mereka," ungkapnya.

Virgil van Dijk. (Zimbio)
Elkan Baggott Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Breaking News
Posts

4.871

Bagikan