BolaSkor.com - Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja berhasil mengoleksi 69 emas, hingga Minggu malam pukul 21.30 WIB (14/5). Torehan itu membuat Tim Indonesia saat ini bercokol di urutan ketiga.

Selain itu, raupan 69 emas juga sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo saat orang nomor satu Indonesia itu melepas atlet Merah-Putih untuk berangkat ke SEA Games 2023 Kamboja.

Artinya, Tim Indonesia telah berhasil mencapai target yang ditetapkan Presiden Jokowi soal raihan medali emas. Akan tetapi, Tim Indonesia belum mampu memenuhi target terkait peringkat yang diharapkan bisa menembus posisi kedua atau pertama.

Dengan tercapainya target medali emas yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, sangat bersyukur dan merasa lega dengan hasil sementara ini. Namun, dia meminta kepada atlet yang masih bertanding untuk tetap fokus menambah perolehan medali bagi Tim Indonesia.

Baca Juga:

Target Menpora Tercapai di SEA Games 2023, CdM Lexyndo Hakim: Kita Bersyukur dan Tetap Optimistis

Juliana Klarisa Sumbang Medali Emas dari Angkat Besi

Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2023, Minggu (14/5): Target Presiden Jokowi Tercapai

"Kami bersyukur hari ini Tim Indonesia sudah memenuhi target Presiden Joko Widodo dengan mendulang 69 emas di SEA Games 2023 Kamboja. Alhamdulillah ini sudah melampaui perolehan emas SEA Games 2021 Vietnam ditambah dengan sisa dua hari dan final dari beberapa cabor," ujar CdM yang akrab disapa Lexy tersebut, Minggu (14/5).

"Kepercayaan diri kita semakin meningkat dengan nafas yang lebih lega. Mari fokus tuntaskan SEA Games 2023 Kamboja ini dengan memenangkan medali lebih banyak lagi," sambungnya.

Lebih lanjut, Lexy menambahkan bahwa jumlah 69 emas itu hanya angka. Dia justru mengapresiasi perjuangan atlet yang telah mengharumkan nama bangsa dengan prestasi yang mereka raih.

"69 bukan soal angka, tapi itu bukti keseriusan seluruh tim dan atlet untuk mengharumkan nama bangsa," tutupnya.

Tim Indonesia saat ini menduduki posisi ketiga klasemen sementara perolehan medali dengan raihan 69 emas, 60 perak, dan 80 perunggu. Sedangkan, Thailand berada di urutan kedua dengan koleksi 90 emas, 64 perak, dan 86 perunggu. Kemudian, Vietnam bercokol sebagai pemuncak dengan perolehan 99 emas, 86 perak, dan 94 perunggu.

SEA Games 2023 Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN.

Tim Indonesia mendapat dukungan dari official patners, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudangkripto, Pocari Sweat, Essenza, Bagasi, Berdikari Logistik Suplai.