Empat Hal Menarik Laga Persebaya Vs Persipura di GBT

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 03 Agustus 2019
Empat Hal Menarik Laga Persebaya Vs Persipura di GBT
Partai Persebaya Vs Persipura. (LIB)

BolaSkor.com – Empat hal menarik terjadi pada pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan Persipura Jayapura. Duel klub alumni Perserikatan ini dilakukan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (2/8) malam.

Persebaya berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang tim berjuluk Green Force itu dicetak Irfan Jaya lewat sundulan. Irfan mengoyak gawang Dede Sulaiman setelah menerima crossing M. Syaifuddin.

Terlepas dari hasil akhir di pertandingan ini, ada sejumlah momen menarik yang muncul. BolaSkor.com telah merangkum empat momen menarik yang terjadi pada pertandingan antara Persebaya dengan Persipura.

Berikut keempat hal tersebut:

1. Hujan Kartu Tapi Minim Gol

Hanya satu gol yang tercipta pada duel Persebaya melawan Persipura. Satu-satunya gol itu dicetak Irfan Jaya pada menit ke-32. Gol semata wayang itu sekaligus mengunci kemenangan untuk Persebaya.

Jumlah kartu yang keluar dari saku wasit jauh lebih banyak dari jumlah gol yang tercipta. Fariq Hitaba sebagai pengadil di laga Jumat malam, mengeluarkan total sembilan kartu kuning, dan satu kartu merah. Ini adalah jumlah kartu terbanyak yang keluar pada gim kandang Persebaya musim ini.

Lima kartu kuning diterima oleh pemain Persebaya. Diantaranya adalah Rachmat Irianto, Amido Balde, Misbakhus Solikin, Otavio Dutra dan Hansamu Yama. Selain kartu kuning, Yama juga diganjar kartu merah pada menit ke-90+4.

Sementara dari kubu Persipura, empat pemain yang diganjar kartu kuning adalah Oh Inkyun, M. Tahir, Titus Bonai dan Andre Ribeiro dos Santos.

2. Diwarnai Aksi Boikot Bonek

Tribun kosong. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

Walaupun dilangsungkan Jumat malam, pertandingan antara Persebaya dengan Persipura sepi penonton. Menurut data dari panitia penyelenggara, jumlah penonton yang hadir di Stadion GBT hanya 10.027 saja.

Ditambah lagi dengan aksi boikot yang dilakukan oleh Bonek dari tribune utara. Mereka melakukan pengosongan tribune sejak menit kesepuluh. Mereka juga membentangkan sejumlah spanduk bernada protes kepada Persebaya.

Bonek dari Gate 21 memilih untuk tidak bernyanyi sepanjang laga. Tribun Kidul baru bernyanyi setelah Persebaya mencetak gol pada menit ke-32. Satu-satunya kelompok yang tetap bernyanyi dari awal hingga akhir hanya di tribun timur.

Pertandingan juga sempat dihentikan selama beberapa saat pada menit ke-58. Penyebabnya adalah nyanyian hujatan kepada wasit dari tribune timur.

3. Kemenangan Pertama Persebaya atas Persipura dalam Satu Dekade

Kemenangan Persebaya atas Persipura terasa spesial. Sebab, ini adalah kemenangan pertama Persebaya atas Persipura dalam dalam satu dasawarsa terakhir. Sebelumnya, Persebaya selalu tumbang saat berjumpa Mutiara Hitam.

Bukan hanya itu, Persebaya juga tidak pernah menang atas tim asuhan Jacksen F. Tiago dalam 10 tahun terakhir. Rekor buruk Persebaya atas Persipura akhirnya berakhir. Green Force menang 1-0. Gol semata wayang dicetak Irfan Jaya pada menit ke-32.

4. Penghormatan untuk Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago ikut ritual Persebaya usai laga. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

Pertandingan melawan Persebaya di Stadion GBT, Jumat malam, akan dikenang oleh nakhoda Persipura, Jacksen F. Tiago. Sebab, Jacksen diberikan kesempatan untuk ikut melakoni ritual wajib Persebaya seusai pertandingan, yakni menyanyikan Song for Pride.

Ceritanya, setelah pertandingan berakhir, dua maskot Persebaya, Jojo dan Zoro mengajak Jacksen untuk ke tengah lapangan. Jacksen sempat izin ke Manajer Persipura, Rudy Maswi. Setelah mendapat lampu hijau, Jacksen pun ikut nimbrung ke tengah lapangan.

Ia tak sendiri. Mantan pemain Petrokimia Putra Gresik itu mengajak anak ketiganya, Hugo Samir untuk ikut ke tengah lapangan. Hugo adalah mantan pemain Persebaya U-13 pada Piala Soeratin U-13 2018 lalu. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)

Persebaya surabaya Persipura jayapura Liga 1 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan