BolaSkor.com - Alih profesi dari pemain ke pelatih merupakan suatu yang lumrah. Namun pemain tidak bisa secara instan berada di posisi tertinggi dalam karier sebagai pelatih. Mereka harus terlebih dahulu melatih dari level usia dini yaitu di Sekolah Sepak Bola (SSB).

Tahap ini pula yang dilewati para jebolan Timnas Indonesia dan Liga Indonesia, seperti Indriyanto Nugroho, Haryanto Tommy Prasetyo, Imral Usman, dan terakhir ada Charles Putiray.

Keempat pemain ini sudah melewati tahap yang benar untuk menjadi pelatih yang mumpuni. Keempatnya mengawali karier kepelatihannya dari SSB, yaitu SSB Kabomania. Banyak hal yang mereka bangun dari sini salah satunya adalah menciptakan pemain hebat.

Baca Juga:

Eks Timnas PSSI Baretti Haryanto 'Tommy' Prasetyo Mengenang Kebangkitan di Persijatim Solo FC

SPFA, Akademi Sepak Bola dengan Fasilitas Kelas Satu

Dari SSB Kabomania ini keempat pelatih tersebut sudah pernah melatih klub profesional. Bahkan saat ini Indriyanto sudah menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti.

"Saya itu dari tahun 2013 bersama Kabomania, tapi sempat bergabung ke Badak Lampung tahun 2017-2019 lalu saat main di Liga 1 dan Liga 2, tapi tetap saya kembali ke Kabomania," kata Tommy ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Minggu (10/1).

"Mengapa saya memilih SSB Kabomania, karena saya sangat nyaman berada di sini. Saya juga bisa menambah ilmu saya dengan cara berimprovisasi strategi ketika melatih SSB jadi kemampuan saya bisa terus bertambah."

Indriyanto Nugroho. (Istimewa)



"Saat itu saya juga mengajak Mas Indry ke Kabomania karena saat itu masih belum tahu harus kemana. Dari situ terjalin komunikasi yang membuat Charles dan Imral masuk Kabomania juga, sehingga SSB ini dilatih oleh empat mantan pemain tersebut," tambah Tommy.

Ke depannya, adik kandung dari Indriyanto ini memiliki harapan besar untuk Kabomania. Tommy yang juga pernah bermain untuk Pelita Jaya ini ingin berkontribusi lebih baik untuk sepak bola Indonesia.

"Harapan saya cukup besar untuk Kabomania ini. Pertama ya saya pasti ingin SSB ini bisa lebih baik dari sekarang. Kedua saya ingin Kabomania ini bisa berkontribusi dengan baik dengan menciptakan pemain hebat untuk kompetisi dan Timnas Indonesia," pungkas mantan pemain Timnas Indonesia Baretti ini.