Empat Klub Akhiri Penantian 13 Tahun di Liga Champions, Awal Kebangkitan Sepak Bola Italia?

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 04 Oktober 2018
Empat Klub Akhiri Penantian 13 Tahun di Liga Champions, Awal Kebangkitan Sepak Bola Italia?
Selebrasi gol Lorenzo Insigne ke gawang Liverpool (Zimbio)

BolaSkor.com - Tidak ada kabar yang lebih membahagiakan bagi fans Serie A lawas selain mendengar berita soal kebangkitan klub-klub Italia di Liga Champions. Turnamen yang biasa disebut sebagai penahbisan klub terbaik Eropa. Dahulu kala Liga Champions murni dilihat dari sisi prestisius dan kini bertambah dengan adanya sisi bisnis sepak bola.

Di masa lalu itulah pecinta sepak bola Eropa mengenal tujuh tim super Italia yang pernah diberi julukan The Magnificent Seven, terdiri dari: AC Milan, Inter Milan, Juventus, AS Roma, dan Lazio, Parma, dan Fiorentina - tanya pada generasi 90-an atau awal 2000-an mengenai kiprah klub-klub tersebut.

Bukan cuma menghadirkan pertarungan ketat di antara klub-klub Italia di Serie A, para bintang di dalamnya juga meramaikan persaingan dan selalu jadi sorotan utama di Liga Champions. Juventus dan Milan jadi dua klub terdepan yang selalu disegani kala itu.

Juventus sudah dua kali menjuarainya dan Milan tujuh kali - terdekat dari Real Madrid yang sudah meraih 13 trofi. Kendati demikian roda kehidupan dalam sepak bola juga berputar. Pergeseran kekuatan terjadi. Pamor Italia lambat laun kalah dari Inggris dan Spanyol.

Fans sejati sepak Bola Italia tidak perlu khawatir dengannya. Besar kemungkinan musim ini, seiring kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus, klub-klub Italia bangkit di Eropa. Penanda fenomena itu terjadi di laga kedua grup Liga Champions 2018-19.

Empat tim Italia yang berpatisipasi: Napoli, Juventus, Inter, dan AS Roma, sama-sama meraih kemenangan. Napoli membuat Liverpool mati kutu di San Paolo dan menang 1-0. Juventus tanpa halangan melumat Young Boys dengan skor 3-0 di Juventus Stadium.

Inter menang 2-1 di Belanda kontra PSV Eindhoven via gol Radja Nainggolan dan Mauro Icardi, sementara AS Roma mempecundangi Viktoria Plzen dengan skor telak 5-0 di Stadio Olimpico melalui hat-trick Edin Dzeko, Cengiz Under, dan Justin Kluivert.

13 Tahun Penantian

Mari bersama mundur ke November 2005 untuk sama-sama melihat momen terakhir ketika empat tim Italia meraih kemenangan di pekan yang sama. Keempat tim itu adalah Juventus, Udinese, Milan, dan Inter.

Semua terjadi pada laga kelima grup Liga Champions. Juve menang 1-0 melalui gol tunggal Alessandro Del Piero ke gawang Club Brugge. Udinese menaklukkan Panathinaikos di Yunani melalui dua gol Vicenzo Laquinta dan Vincent Candela (2-1), dan dua klub Milan sama-sama menang telak.

Rossoneri tanpa ampun melibas Fenerbahce dengan skor 4-0 via quat-trick Andriy Shevchenko. Pun demikian Inter melalui hat-trick Adriano dan gol Luis Figo ke gawang Artmedia Bratislava.

Dari keempat tim itu, hanya Juventus, Inter, dan Milan yang melaju hingga perempat final dan Milan di semifinal. Kendati gagal menapaki final dan menjadi juara, tim-tim Italia setidaknya mampu berbicara banyak ketimbang tim Inggris dan Spanyol.

Jika momen yang terjadi 13 tahun silam itu membawa tiga klub Italia sampai perempat final, apa mungkin hal yang sama terjadi lagi musim ini? Mungkin saja. Jika benar demikian, ketiga klub yang berpotensi melakukannya adalah Juventus, Roma, dan Napoli.

Breaking News Liga Champions Juventus Inter Milan SSC Napoli AS Roma
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.105

Bagikan