BolaSkor.com - Hampir semua pertandingan Persebaya Surabaya berakhir dengan gol dan kebobolan. Saat ini, enam gol telah bersarang ke gawang Persebaya dari empat laga terakhir. Total gawang Persebaya telah kebobolan 22 kali dari 20 pertandingan yang telah dilakoni di Liga 1 2021/2022.

Terakhir kali Persebaya nirbobol adalah saat menang 3-0 atas Persib Bandung, 8 Desember 2021 lalu. Setelah itu, Arif Satria dkk. seolah tak kuasa mencegah gelontoran gol dari lawan. Sebelumnya, Persebaya memiliki catatan impresif. Lima laga beruntun tidak kebobolan. Catatan itu dirusak oleh Bali United, 5 Januari lalu. Kendati Persebaya menang 3-1.

Persebaya menyerang dengan baik dan tahu cara mencetak gol, tapi di sisi lain mereka terlalu mudah kebobolan, yang merupakan masalah sejak awal musim. Pelatih Persebaya Aji Santoso tahu betul kondisi timnya itu, dan sekarang dia mencoba membenahi kekurangan tersebut. Apalagi tim asuhannya beberapa kebobolan di menit-menit akhir pertandingan.

Baca Juga:

Status Unbeaten Terhenti, Persebaya Tetap Optimistis Bersaing di Jalur Juara

Persija Tunjuk Sudirman sebagai Pengganti Angelo Alessio

"Yang jelas menit-menit akhir itu akan menjadi evaluasi kami untuk pertandingan berikutnya. Memang kami dipaksa untuk bertahan, tetapi itu bukan bagian dari strategi kami untuk bertahan di menit-menit akhir," ungkap Aji Santoso.

Sebenarnya, Persebaya bisa bertahan dengan baik, membatasi peluang lawan. Masalahnya, tim lawan hampir selalu bisa mencetak gol dari setiap peluang tipis yang tercipta.

"Menurut saya, sebenarnya tidak perlu terjadi kalau pemain belakang bisa mengantisipasi. Ini perlu kami evaluasi untuk pertandingan berikutnya agar tidak terulang lagi," tegas Aji.

Aji Santoso juga membeberkan alasannya belum menurunkan Alie Sesay pada laga menghadapi Bhayangkara FC kemarin. Menurutnya, bek 27 tahun tersebut belum dalam kondisi ideal pasca melakoni seleksi timnas Sierra Leone. Sebab, saat kembali ke Indonesia, Alie harus menjalani karantina selama tujuh hari.

"Alie (belum turun) karena pada dua pertandingan duet (Rizky) Ridho dan Arif (Satria) main bagus. Dan saya masih tunggu kondisi Alie pulih 100 persen. Karena (selama) karantina, dia tidak latihan. (Pertandingan selanjutnya) tanggal 29 Januari, masih ada satu minggu (persiapan)," tandas mantan pelatih Persela Lamongan itu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)