Empat Tantangan Berat Arema FC Selama Liga 1 Terhenti

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 03 Januari 2021
Empat Tantangan Berat Arema FC Selama Liga 1 Terhenti
Sesi latihan Arema FC. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Arema FC menyebut ada empat tantangan besar yang mereka hadapi dalam menjaga eksistensi selama kompetisi Liga 1 terhenti akibat pandemi COVID-19, pada akhir Maret 2020 lalu.

Sejak saat itu, tim Singo Edan dihadapkan pada sejumlah masalah besar terutama di sektor finansial. Bagaimana klub masih harus memenuhi tanggung jawabnya terhadap seluruh perangkat, baik pemain, staf pelatih hingga ofisial.

"Tak hanya itu, klub juga mesti memikirkan nasib karyawan (dalam manajerial). Ada banyak sektor yang ikut terimbas," ucap Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Baca Juga:

Resolusi Teco bersama Bali United di Tahun 2021

Liga 1 Masih Belum Jelas, Striker PSIS Hidupkan Bisnis Kaus

Sudarmaji melanjutkan, bahwa setidaknya ada empat tantangan besar yang menjadi kendala pada sepak bola nasional.

"Yang pertama, federasi sudah tidak boleh punya peluang untuk mengadakan kompetisi. Yang kedua kita dihadapkan pada (sulitnya memperoleh) izin (pertandingan)," bebernya.

"Yang ketiga, kita dihadapkan pada protokol kesehatan. Dan keempat, kita mesti melakukan negosiasi ulang terhadap semua pihak (pemain, pelatih, ofisial hingga sponsor)," imbuh Sudarmaji.

Kompetisi Liga 1 sendiri terhenti sejak pekan ketiga yang berakhir pada Minggu (15/3). Namun, rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk melanjutkannya pada awal Oktober dan November, harus batal akibat tidak terbitnya izin kepolisian menyusul situasi pandemi covid-19 yang menjadi prioritas.

"Oleh karena itu, substansinya saat ini adalah bagaimana sepak bola kembali dibuktikan dengan jaminan izin. Itu (harapan) yang sangat ideal," tutupnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan