BolaSkor.com - Chelsea melalui laman resminya mengonfirmasi Todd Boehly akan menjadi pemilik anyar. Kabar tersebut sekaligus mengakhiri era kepemimpinan Roman Abramovich yang telah meraih berbagai prestasi.

Kepemimpinan Roman Abramovich di Chelsea tersandung masalah serangan militer Rusia ke Ukraina. Kedekatan pengusaha asal Rusia itu dengan Vladimir Putin membuat pemerintah Inggris membekukan asetnya termasuk Chelsea.

Abramovich pun mengambil keputusan pahit dengan menjual Chelsea. Sebab, jika tidak Chelsea dalam kondisi tersudut karena mendapatkan sejumlah larangan, termasuk yang berkaitan dengan keuangan. Berakhirnya era kepemimpinan Abramovich yang sudah berlangsung sejak 2003 pun tidak bisa dihindarkan.

Baca Juga:

Meski Pendukung Manchester United, Jim Ratcliffe Tak Ragu Tawar Chelsea Rp72,8 Triliun

Chelsea Masih Kesulitan Menang di Old Trafford

Rekor Pertemuan Ralf Rangnick Kontra Thomas Tuchel

Kini, setelah menjajaki kemungkinan pembelian dengan sejumlah pihak, Chelsea mengonfirmasi mencapai kesepakatan dengan Todd Boehly. Kedua pihak sedang menyelesaikan proses administrasi pembelian.

"Chelsea bisa mengonfirmasi jika persyaratan telah disetujui untuk kepemilikan baru yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter, dan Hansjoerg Wyss untuk mengakuisisi Klub," bunyi kalimat pembuka Chelsea.

"Dari total investasi yang dikucurkan, 2,5 miliar pounds akan digunakan untuk membeli saham klub dan hasil tersebut akan disimpan ke rekening bank Inggris yang dibekukan dengan tujuan untuk disumbangkan 100 persen untuk tujuan amal sebagaimana dikonfirmasi oleh Roman Abramovich. Persetujuan pemerintah Inggris diperlukan untuk transfer dana dari rekening bank Inggris yang dibekukan."

"Selain itu, pemilik baru akan memberikan 1,75 miliar pounds dalam bentuk investasi lebih lanjut untuk kepentingan klub. Itu termasuk investasi untuk Stamford Bridge, akademi, tim wanita dan Kingsmeadow, plus pendanaan Chelsea Foundation."

"Penjualan diharapkan selesai pada akhir Mei dengan tunduk pada semua persetujuan peraturan yang diperlukan. Rincian lebih lanjut akan diberikan pada saat itu," tutup Chelsea.

Dengan begitu, Chelsea diprediksi bisa kembali bergerak pada bursa transfer musim panas mendatang. Langkah tersebut sangat penting mengingat Chelsea punya sejumlah pekerjaan rumah, termasuk memperpanjang kontrak sejumlah pemain.