Eric Harrison, Sersan Mayor Sekaligus Sosok Ayah Pembentuk Karakter Generasi 1992 Man United

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 14 Februari 2019
Eric Harrison, Sersan Mayor Sekaligus Sosok Ayah Pembentuk Karakter Generasi 1992 Man United
Eric Harrison dan tim muda Manchester United (@MailSport)

BolaSkor.com – Juni 1981, Ron Atkinson melihat suatu hal yang berbeda dari sosok Eric Harrison. Kariernya sebagai pemain kala itu tidak bagus-bagus amat, Harrison hanya memperkuat Halifax Town, Barrow, Southpot. Tapi hal tersebut tidak mengurangi keyakinan Atkinson untuk merekrutnya ke Manchester United.

Atkinson, manajer Man United, merekrutnya untuk menjadi pelatih tim muda klub dan menilainya sebagai salah satu rekrutan terbaik sepanjang masa – di tahun yang sama Atkinson juga merekrut Bryan Robson (yang kemudian menjadi kapten dan legenda United). Di momen itulah perjalanan Harrison dimulai di Manchester.

Pemecatan Atkinson pada tahun 1986 tidak mengubah nasib Harrison. Alex Ferguson datang dan dia langsung berkoordinasi langsung dengan Harrison, serta staf kepelatihan lainnya, untuk sama-sama sepakat di satu poin: pengembangan produk akademi United, melanjutkan tradisi Sir Matt Busby.

Baca Juga:

Pelatih di Balik Lahirnya Generasi Terkenal 1992 Manchester United Meninggal Dunia

Incar Titisan Cristiano Ronaldo, Manchester United Perlu 100 Juta Euro

Deretan Murid Sir Alex Ferguson yang Menjadi Manajer

Eric Harrison dan Ron Atkinson

“Baiklah, mari sama-sama membuat kesepakatan. Anda memberikan saya pemain dengan kualitas yang lebih baik, dan saya akan memberikan lebih banyak pemain muda ke tim utama,” ucap Harrison. Ferguson menyetujuinya dan kesepakatan itu meningkatkan jaringan pemandu bakat dalam mencari talenta-talenta berbakat.

Semenjak terjalinnya perjanjian itu, produk akademi United yang dipromosikan ke tim utama dikenal dengan istilah “Fergie’s Fledglings”. Namun selayaknya seleksi hidup, alumni tersebut ada yang sukses, cenderung biasa saja, hingga gagal. Tentu saja, satu yang paling populer adalah generasi beken 1992 Setan Merah.

Gaung angkatan itu kembali muncul di era milenial ini. Publik (kebanyakan generasi X atau fans lawas United) langsung mengingat angkatan 1992 setelah muncul kabar duka: Eric Harisson meninggal dunia.

Harrison meninggal pada usia 81 tahun setelah bertarung selama empat tahun melawan demensia. Pria kelahiran Mytholmroyd, Yorkshire, 5 Februari 1938, meninggal dunia pada 13 Februari 2019 (waktu lokal ketika Harrison meninggal di Inggris).

"Kami kehilangan mentor kami, pelatih kami, dan pria yang menciptakan (membentuk) kami. Dia mengajarkan kami bagaimana caranya bermain, bagaimana caranya untuk tidak pernah menyerah, betapa pentingnya itu untuk memenangi pertarungan individu, dan apa yang kami butuhkan untuk bermain di Manchester United. Eric, kami berhutang kepada Anda segalanya," tutur Gary Neville, alumni angkata 1992.

"Kami sangat sedih mendengarkan kabar bahwa mantan pelatih tim muda kami, Eric Harrison, meninggal dunia semalam. Duka kami dan juga doa kepada keluarga Eric dan teman-temannya di masa yang sulit ini," imbuh @ManUtd.

“Eric Harrison, salah satu orang-orang terhebat dalam dunia sepak bola, meninggal dunia. Bertanggung jawab atas pengembangan generasi 92 dan banyak pemain-pemain hebat lainnya yang datang dari akademi Man United. Dia salah satu pahlawan terbesar klub. RIP Eric,” ucap legenda United, Peter Schmeichel.

Breaking News Manchester United Sir Alex Ferguson David Beckham Ryan Giggs Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan