Erick Thohir Sebut Piala Dunia U-20 2023 Bisa Bangkitkan Pariwisata Olahraga di Bali

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 12 Maret 2023
Erick Thohir Sebut Piala Dunia U-20 2023 Bisa Bangkitkan Pariwisata Olahraga di Bali
Ketum PSSI Erick Thohir saat melakukan kunjungan ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (12/3). (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menutup rangkaian kunjungannya ke venue Piala Dunia U-20 2023 pada Minggu (12/3) dengan menyambangi Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara (LOC) Piala Dunia U-20 2023 itu ingin memastikan Bali siap untuk menyelenggarakan turnamen terbesar kedua di FIFA itu.

"Kami dari PSSI menganggap Piala Dunia U-20 penting, jadi harus tolong menolong. Apalagi Bali adalah jantung pariwisata Indonesia, dan ajang ini jadi sentral ekonomi wisata. Jangan sampai terlena, tidak meningkatkan nilai kompetitif, termasuk pariwisata olahraga," kata Erick Thohir.

Erick yakin perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Bali akan mampu mendorong potensi pariwisata olahraga di Pulau Dewata. Bali ke depannya diharapkan jadi destinasi klub-klub sepak bola luar negeri untuk melaksanakan pemusatan latihan.

"Jika fasilitas sepak bola di Bali bagus, akan banyak tim-tim luar negeri datang menggelar sesi latihan. Jadi ini tidak menyangkut Piala Dunia U-20 saja," ujar Erick.

Karena itu, Erick memastikan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk menyukseskan Piala Dunia U-20 2023 di Bali. Jika Indonesia dinilai berhasil, maka peluang bersaing sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2034 menjadi terbuka lebar.

"Sesuai tupoksinya, PSSI menyiapkan timnas. Domain penyelenggaraan adalah domain pemerintah pusat dan daerah yang telah meneken kontrak goverment guarantee dan host city agreement. Kami ingin memastikan tidak ada kekecewaan masyarakat Indonesia, yang sangat menggebu-gebu dengan adanya Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ini event terbesar kedua FIFA, yang akan menjadi jalan sukses untuk kepentingan bidding tuan rumah Piala Dunia 2034,” jelas Erick.

Baca Juga:

Jadi Venue Final Piala Dunia U-20, Erick Thohir Puas Kondisi Stadion Manahan

Erick Thohir Berharap Stadion si Jalak Harupat Tidak Dicoret FIFA untuk Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20: Erick Thohir Sebut Stadion Sriwijaya Jakabaring Kondisinya Baik dengan Sedikit Catatan

Erick yakin Bali bisa sukses menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Sebelumnya saat pelaksanaan KTT G20 dan ASEAN Summit provinsi ini mampu menjadi tuan rumah yang baik. Kementerian PUPR juga terlibat aktif dalam proses perbaikan stadion berkolaborasi dengan pengelola dan Pemda Bali.

Perawatan rumput menjadi fokus perhatian utama. Mereka melakukan vertical cut, di mana rumput lapangan dipangkas sampai akar terbawah agar nanti tumbuh tunas baru. Leveling rumput juga ditata ulang supaya lebih rata. Proses penanaman rumput baru pun berjalan lancar. Ada beberapa ruangan dikonstruksi ulang sesuai permintaan FIFA. Instalasi pemasangan CCTV dilakukan di berbagai ruangan untuk kepentingan keamanan.

Stadion Dipta tidak melakukan penambahan kapasitas. Total daya tampung tetap 18 ribu orang. Hanya saja untuk memenuhi standar FIFA perlu dilakukan pemasangan single seat di area tribune. Juga termasuk penambahan atap stadion di area VIP. Pihak Kementerian PUPR melakukan penambahan 5 ribu kursi, sisa kekurangannya ditangani Pemda Bali dan pengelola stadion.

Persiapan lain yang tak kalah penting yaitu menyangkut pemeliharaan jalur kelistrikan. PLN membuat jalur multiguna dan jalur khusus. Selama ini daya listrik mengandalkan genset pengelola stadion.

Erick Thohir mengunjungi Stadion Kapten I Wayan Dipta yang merupakan salah satu venue Piala Dunia U-20 2023. (PSSI)

PLN Induk Distribusi (UID) Bali pun menambah suplai listrik sebagai pasokan cadangan selama perhelatan FIFA World Cup U-20 di area stadion. PLN memperkirakan kebutuhan listrik untuk kegiatan tersebut sebesar 1.805 Mega Volt Ampere (MVA) untuk kebutuhan penerangan di lapangan, papan skor, perimeter board, ruang server, dan media center, serta tribune VIP.

"Persiapan Bali saya rasa baik baik, tinggal kita dorong bagaimana penyelesaiannya. Misalnya saja permintaan tambahan lahan parkir. Kementerian PUPR punya komitmen untuk menuntaskan. Demikian pula pemerintah daerah yang dapat tambahan pekerjaan baru. Semoga pada bulan April semua beres. Urusan lain seperti CCTV dan beberapa lainnya relatif aman,” kata Erick.

Erick kemudian bicara soal persiapan Bali dalam menyambut kedatangan FIFA untuk melakukan verifikasi pada 21-27 Maret.

"Kepolisian kemungkinan akan memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengurangi beban kendaraan," ujar Erick.

Erick juga berharap gelaran Piala Dunia U-20 2023 bisa meningkatkan kualitas standar sepak bola Indonesia. Pasalnya, teknologi Video Assistant Referee atau VAR bakal diterapkan di turnamen ini.

"Di enam stadion akan dipasang fasilitas VAR. Kita berharap setelah melihat sistem kerjanya, kita bisa memakainya usai Piala Dunia U-20. Daripada usai turnamen fasilitas dicopot, kalau memungkinkan kita beli sekalian. Tapi ini tentu harus dapat persetujuan FIFA. Doakan saja," ucap Erick.

Adapun dalam kunjungannya ini Erick didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus Wakil Ketua I PSSI Zainudin Amali (Menpora), Wakil Ketua II Ratu Tisha (Wakil Ketua Umum PSSI), serta jajaran pengurus PSSI dan LOC. Turut hadir juga Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Selain Bali, turnamen yang diikuti 24 tim terbaik di seluruh dunia itu bakal dihelat di Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Pssi Erick thohir Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.294

Bagikan