Erick Thohir Sebut VAR Liga 1 Akan Beroperasi pada Februari 2024

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 06 Juni 2023
Erick Thohir Sebut VAR Liga 1 Akan Beroperasi pada Februari 2024
Ketum PSSI, Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI terus mengupayakan perbaikan kompetisi profesional sepak bola Indonesia. Salah satunya soal penerapan video assistant referee (VAR).

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, menyebut VAR bakal beroperasi di Liga 1 2023/2024 pada putaran kedua. Tepatnya pada bulan Februari 2024.

Seperti diketahui, Liga 1 2023/2024 rencananya bakal bergulir pada 1 Juli mendatang. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu akan direncanakan berakhir pada 31 Mei 2024.

"Untuk liga (Liga 1) Insya Allah Februari sudah ada penggunaan VAR, fasilitasnya juga sudah bisa ada di sini," ujar Erick Thohir usai memantau perkembangan renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, seperti dimuat Antara, Selasa (6/6).

Baca Juga:

10 Persen Keuntungan Tiket Timnas Indonesia Vs Palestina Bakal Disumbangkan

BSI Beri Diskon 50 Persen Tiket Timnas Indonesia Vs Palestina

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga mengingatkan kepada seluruh elemen, mulai dari pemerintah daerah hingga para suporter untuk menjaga stadion agar tetap layak dan aman bagi seluruh masyarakat.

"Saya ingatkan untuk semuanya, dari pemerintah daerah maupun para suporter, harus benar-benar menjaga keamanannya dan menjadi tuan rumah yang baik, karena saat ini Indonesia masih dalam proses pengawasan FIFA, masih dipantau kesiapan Indonesia untuk menggulirkan sepak bola," ucapnya.

"Itu perlu diingat, karena masih ada kerusuhan waktu itu di akhir musim kompetisi (Liga 1 musim lalu). Dan 1 Juli besok akan mulai lagi kompetisinya di musim baru. Jadi, Insya Allah kita sama-sama menjaga sepak bola Indonesia."

"Memang ketika saya terpilih, salah satu misi yang saya sampaikan untuk memastikan suporter pulang ke rumah dengan selamat. FIFA sendiri dalam surat yang diberikan kepada bapak Presiden dan PSSI waktu itu juga menyampaikan bahwa transformasi sepak bola tidak mungkin terjadi tanpa transformasi daripada suporternya," tuturnya.

Demi meminimalisir kerusuhan, PSSI menerapkan regulasi sementara di Liga 1, dimana suporter tim tamu tidak dapat hadir di stadion.

"Pertandingan sepak bola di Indonesia sementara hanya didatangi oleh suporter tuan rumah, dan karena ini juga di tahun politik, bahkan kami sudah bicarakan bagaimana keamanannya itu," ucap Erick Thohir.

"Semuanya harus menjadi bagian transformasi sepak bola dan mereka harus membuktikan semua suporter pulang ke rumah dengan selamat. Tolong buktikan kita bisa, kalau Inggris yang dulu terkenal hooligan ternyata sekarang bisa, Italia juga bisa, masa' Indonesia tidak bisa? Transisi ini yang harus kita jaga dan jangan sampai kepercayaan FIFA hilang dan akhirnya terkena seperti hal-hal yang tidak diinginkan," tutup Erick Thohir.

Erick thohir Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.858

Bagikan