Ernesto Valverde Syukuri Hasil Imbang Chelsea Vs Barca di Stamford Bridge

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 Februari 2018
Ernesto Valverde Syukuri Hasil Imbang Chelsea Vs Barca di Stamford Bridge
Barcelona imbang 1-1 melawan Chelsea di leg pertama Liga Champions (Getty Images)

BolaSkor.com - Barcelona mencetak satu gol tandang krusial di leg pertama 16 besar Liga Champions, di Stamford Bridge, markas Chelsea. Laga berakhir imbang 1-1 melalui gol Willian yang dibalas gol Lionel Messi. Bagi La Pulga, itulah gol pertamanya ke gawang The Blues.

Messi mengkonversi assist dari Andres Iniesta dengan sempurna merobek gawang Chelsea yang dikawal Thibaut Courtois. Kesempatan yang dimiliki Messi itu merupakan peluang langka yang tercipta di pertandingan tersebut.

Pasalnya, Chelsea bertahan dengan rapih dan terorganisir dalam menutup ruang bagi para pemain Barca, yang mendominasi penguasaan bola. Chelsea menyerang melalui serangan balik melalui kelincahan Willian, Pedro Rodriguez, dan Eden Hazard di lini depan.

Bahkan, Chelsea lebih efektif menciptakan peluang dengan percobaan dan tendangan tepat sasaran yang lebih banyak dibanding Barcelona. Willian juga bisa mencetak tiga gol andai dua peluang lainnya tidak menerpa mistar gawang.

Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, hanya bisa mensyukuri hasil imbang tersebut. Ia juga tahu jika timnya bisa tertinggal lebih banyak, jika tidak dinaungi dewi fortuna. Apalagi, Barcelona tidak menciptakan banyak peluang di area 16 meter Chelsea.

"Ini (Stamford Bridge) tempat sulit untuk didatangi dan kami bermain melawan juara Premier League. Jadi, saya melihat hasil ini dengan sangat positif. Laga tadi mempertemukan dua gaya bermain berbeda. Kami ingin mengontrol bola, mereka mencobanya setelah menit-menit pertama untuk mengejutkan kami melalui serangan balik," papar Valverde, diberitakan Sport-English, Rabu (21/2).

"Kami tak punya cukup peluang di sepertiga pertahanan lawan, mereka bertahan dengan baik, terlalu banyak halangan mendekati area mereka. Laga tadi sulit bagi kami. Mereka punya dua tendangan jarak jauh dari Willian dengan dua sepakan mengenai mistar gawang dan gol."

"Kami tak mampu menciptakan peluang nyata meski mendominasi permainan. Pada akhirnya, gol kami datang dari kesalahan yang dilakukan mereka dan kami memanfaatkannya dengan baik. Gol kami bagus karena kami dalam kondisi tertinggal, dan jelas, masih ada segalanya yang tersisa untuk leg kedua," sambung Valverde.

Leg kedua akan berlangsung di Camp Nou pada Maret mendatang. Barca sedianya hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke delapan besar Liga Champions. Tetapi, sulit rasanya melihat Barca parkir bus untuk mengamankan keunggulan agresivitas gol tandang.

Liga Champions Chelsea FC Barcelona Ernesto Valverde Lionel Messi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan