Esports Indonesia Siap Sabet Medali Emas di SEA Games Kamboja 2023

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 10 April 2023
Esports Indonesia Siap Sabet Medali Emas di SEA Games Kamboja 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (tengah). (merahputih.com/Kamila Putri)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengaku optimistis tim nasional esports Indonesia bisa memenuhi target sebagai juara umum SEA Games ke-32 di Kamboja.

"Saya optimistis, mengingat tim esports kita selalu menghiasi juara umum di berbagai event. Dengan target empat emas, yang sudah masuk ke kategori juara umum di Kamboja nanti, semoga bisa tercapai, dan kami optimistis," kata Menpora Dito.

Menpora menilai timnas esports sudah tidak memerlukan arahan dari segi prestasi, karena ia menilai sudah tidak ada alasan bagi Indonesia tidak menjadi juara umum di Kamboja.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi pemusatan latihan nasional (pelatnas) esports Indonesia yang dinilai matang dalam memberikan program pelatihan dan elemen pendukung lainnya jelang pertandingan di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Saya mengapresiasi pelatnas esports yang saya kunjungi hari ini. Arenanya juga sangat baik. Ekosistem esports harus dimajukan sehingga kita perlu duduk bersama dan berpusat untuk Indonesia dan generasi muda," ujar Dito.

Dengan fasilitas yang lengkap dan baik, menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu berharap baik PB ESI, para atlet, pelatih, dan tim resmi (ofisial) esports yang akan bertolak ke Land of Khmer dapat mempertahankan performa puncak hingga pertandingan pamungkas.

"Harapan saya kawan-kawan dari ofisial, coach, atlet, untuk mempertahankan performa, karena kita secara statistik sudah unggul. Tinggal menenangkan hati dan jari, bermain dengan kebanggaan dan spirit untuk membawa emas bagi Merah Putih di Kamboja. Kontingen esports Indonesia bisa menjadi salah satu penyumbang emas terbesar nanti," jelas Menpora.

Guna memborong medali emas dibutuhkan persiapan yang sangat matang. Terlebih untuk cabang esports yang menggunakan PC seperti Valorant dan Cross Fire. Untuk itu, PB ESI menyiapkan training camp yang akan mulai 14-29 April 2023.

Program tersebut juga akan mengirim atlet Cross Fire Indonesia ke China, agar mereka dapat merasakan atmosfer secara langsung di negara kiblat game tersebut.

"Arfa Thohir akan ke Tiongkok dan akan merangkumkan semua training camp Indonesia Cross Fire. Seserius itu kita biar dapat emas," kata Christian Suryadi selaku Wakil Ketua Badan Tim Nasional SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Sementara, para atlet untuk nomor Valorant juga akan dikirim ke Korea Selatan. Harapannya para atlet Indonesia bisa berhadapan dengan lawan yang sepadan, agar saat kembali sudah mendapat ilmu dari para pro players di sana.

Timnas esports sendiri dijadwalkan akan terbang ke Kamboja pada 6 Mei, dengan kompetisi bakal bergulir 8 hingga 15 Mei.

Pada SEA Games Kamboja, Indonesia akan berpartisipasi dalam enam nomor pertandingan yakni Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Men, MLBB Women, PUBG Mobile Team, PUBG Mobile Individual, Crossfire, dan Valorant.

Pb esi Menpora Dito Ariotedjo SEA GAMES PBESI
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan