BolaSkor.com - Mesut Ozil sudah dianggap bukan pemain penting lagi di Arsenal. Kondisi ini membuat seorang Arsene Wenger angkat bicara.

Kualitas Ozil sebagai seorang gelandang kelas dunia tak perlu diragukan lagi. Deretan gelar bergengsi yang sudah diraihnya menjadi salah satu bukti nyata.

Saat pertama didatangkan Arsenal dari Real Madrid pada pertengahan tahun 2013, Ozil tak kesulitan beradaptasi dengan gaya sepak bola Inggris. Pada musim 2015-2016, ia sempat menorehkan 19 assist di Premier League yang merupakan rekor terbanyak kedua selama satu musim kompetisi.

Baca Juga:

Cinta Mati dengan Arsenal, Mesut Ozil Tegaskan Tidak Ingin Angkat Kaki

5 Pemain Top yang Tidak Masuk Skuad Liga Champions dan Liga Europa 2020-2021

Mikel Arteta Yakin Arsenal Lebih Berkembang Tanpa Mesut Ozil

Mesut Ozil dan Arsene Wenger

Kontribusi maksimal Ozil pada masa itu tak lepas dari peran Wenger. Pada masa tersebut, ia memang masih menduduki jabatan sebagai manajer Arsenal.

Namun masa-masa kejayaan Ozil seperti nyaris tak berbekas saat ini. Ia dianggap sebagai pemain yang malas dan loyalitasnya kepada Arsenal mulai diragukan.

Terkait tudingan tersebut, Wenger punya pandangan berbeda. Menurutnya, situasi yang dialami Ozil saat ini bukan semata kesalahan sang pemain sendiri.

“Para pemain telah kehilangan kualitas teknik mereka selama 10 tahun terakhir. Sekarang faktor atletis menjadi lebih penting daripada teknik dan pengambilan keputusan, kata Wenger kepada Der Spiegel.

"Ini lebih tentang karakter, intensitas fisik, dan daya ledak. Dan ini juga tentang menjadi pelaku pertunjukan."

Taktik dan strategi dalam dunia sepak bola memang mengalami evolusi secara perlahan. Harus diakui, peran gelandang kreatif yang berteknik tinggi tapi lamban kurang diminati saat ini.

Menurut Wenger, Ozil juga ikut terkena imbas dari evolusi ini. Padahal, mantan pemain Werder Bremen tersebut bisa sangat berbahaya andai didukung dengan formasi dan taktik yang tepat.

“Dia bukanlah orang yang memiliki disiplin terbaik di lapangan dan bermain tanpa bola bukanlah keahliannya. Namun anda dapat mengatasinya jika menempatkan beberapa pemain yang lebih berpikiran defensif di sisinya," tambah Wenger.

"Hal utama adalah mendapatkan keseimbangan antara serangan dan pertahanan dengan benar.”

Dari pernyataan tersebut, Wenger seperti memberikan sebuah saran kepada manajer Arsenal saat ini, Mikel Arteta. Rasanya memang sangat mubazir menyia-nyiakan bakat seorang Ozil begitu saja.