Exco PSSI Sebut Larangan Suporter Tamu Datang di Pertandingan Liga 1 Berlaku Sementara

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 03 Juni 2023
Exco PSSI Sebut Larangan Suporter Tamu Datang di Pertandingan Liga 1 Berlaku Sementara
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, saat memberikan keterangan kepada awak media. (PSSI)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan larangan pertandingan Liga 1 2023/2024 dihadiri oleh suporter tamu hanya berlaku sementara.

Arya menyebut regulasi itu merupakan salah satu poin kesepakatan antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), dan kepolisian terkait pelaksanaan kompetisi musim depan. Arya menilai langkah ini merupakan yang terbaik untuk saat ini.

"Memang ini kesepakatan yang sudah diambil dengan kepolisian juga. Kita harapkan dengan langkah-langkah ini maka semuanya baik (untuk) PSSI, klub, suporter, dan teman-teman kepolisian," kata Arya.

Arya menjelaskan, jika saat masa transisi itu kompetisi berjalan baik, maka aturan yang melarang kehadiran suporter tamu bisa dicabut. Artinya, larangan ini tidak berlaku selamanya.

"Ke depannya secara bertahap akan mulai ada penonton dari tim yang datang. Tapi untuk saat ini memang sudah seperti itu keputusannya," papar Arya.

Baca Juga:

Demi Muluskan Izin Kepolisian, PT LIB Larang Suporter Tamu Hadir di Setiap Pertandingan Liga 1

ASBWI Gelar Kongres Biasa, Rumuskan Berbagai Program Majukan Sepak Bola Wanita

Tanggapan Persib soal Jadwal Liga 1 2023/2024

Di sisi lain, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menuturkan, keputusan mengenai larangan tur tandang untuk suporter karena memperhitungkan risiko keamanan.

Menurut Ferry, memasuki tahun politik, akan banyak kegiatan kampanye yang dilaksanakan di berbagai daerah. Hal ini tentu jadi pertimbangan bagi kepolisian dalam memberikan izin pertandingan Liga 1.

Masa kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir di 10 Februari 2024. Adapun pemungutan suara dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Berdasarkan kebiasaan tersebut maka klub-klub Liga 1 bersepakat untuk melarang suporter tamu hadir."

"Semua kami lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, mengingat kemungkinan itu bisa muncul karena waktunya yang berdekatan atau berpapasan dengan kegiatan kampanye," tutur Ferry Paulus.

Aturan ini mulai diberlakukan dalam pertandingan play-off Liga Champions Asia 2023/2024 untuk menentukan wakil Indonesia yang mempertemukan Bali United dengan PSM Makassar. Laga pertama dimainkan di Bali pada 6 Juni, kemudian pertemuan kedua dilaksanakan di Makassar, 10 Juni.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Arya Sinulingga Ferry paulus Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan