F1: Pirelli Bantah Ada Kesalahan Produksi di Insiden Baku

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 16 Juni 2021
F1: Pirelli Bantah Ada Kesalahan Produksi di Insiden Baku

BolaSkor.com - Pirelli membantah adanya cacat produksi atau kualitas yang menyebabkan pecahnya ban dalam kecepatan tinggi yang dialami Max Verstappen dan Lance Stroll di Grand Prix Azerbaijan.

Dilansir dari situs resmi Formula 1 (F1), Red Bull dan Aston Martin dinyatakan sudah mematuhi parameter yang telah ditentukan Pirelli ketika memasang ban pada balapan 6 Juni di Baku.

"Prosesnya menetapkan bahwa tidak ada cacat produksi atau kualitas pada salah satu ban, tidak ada juga tanda-tanda kelelahan atau delaminasi," ujar Pirelli dikutip dari situs resmi F1.

Setelah diselidiki lebih dalam, Pirelli menyebutkan penyebab dari insiden tersebut adalah adanya pecahan melingkar pada dinding samping bagian dalam, yang dapat dikaitkan dengan kondisi berjalannya ban.

Baca Juga:

Sebastian Vettel Sudah Lahir Kembali

Resep Kemenangan Sergio Perez di GP Azerbaijan Bisa Ditiru Masyarakat Indonesia

Pabrikan asal Italia tersebut juga mengatakan bahwa mereka dan FIA telah menyepakati beberapa protokol baru dengan arahan sesuai teknis yang ditingkatkan dan disalurkan kepada tim untuk memantau kondisi operasi balapan selama akhir pekan.

Akhir pekan ini, tepatnya Minggu (20/6) Formula 1 akan membalap di Sirkuit Paul Ricard di Le Castellet untuk Grand Prix Prancis.

"Uniknya, tidak ada peringatan maupun getaran terdeteksi dan tidak ada ban lain yang memiliki umur yang sama atau lebih lama menunjukkan tanda-tanda keausan berlebih. Jadi kami mengesampingkan bahwa kerusakan disebabkan akibat faktor eksternal," ungkap kepala F1 Pirelli Mario Isola waktu itu.

Penulis: Alexander Matthew

Breaking News F1 F1 2021 Max Verstappen Lance Stroll
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan