FA Siapkan Jeda Musim Dingin untuk Premier League

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 31 Mei 2018
FA Siapkan Jeda Musim Dingin untuk Premier League
Wacana jeda musim dingin di Premier League (Zimbio)

BolaSkor.com - Sepak bola di Inggris tidak mengenal waktu. Demi rating televisi dan animo penonton, pertandingan kompetitif di liga Inggris terus berjalan tanpa adanya jeda musim dingin. Jadwal padat ini berlaku di Inggris, tidak terkecuali Premier League.

Kendati berstatus liga terbaik dunia, ironisnya, ada "penyiksaan" kepada kondisi fisik pesepakbola profesional yang bermain di dalamnya dengan agenda dan jadwal padat di bulan Desember, atau bisa disebut festive period.

Periode itu dilalui dengan laga boxing day (pertandingan yang berlangsung sehari setelah Natal) dan Tahun Baru. Laga terus berlangsung, di saat liga-liga top Eropa lainnya memberi jeda atau libur musim dingin. Bagi penonton, jelas festive period itu sangat menghibur dalam mengisi waktu libur bersama keluarga dan teman.

Akan tapi, bagi pemain, dampaknya sangat teramat buruk. Mereka tidak merasakannya di bulan Desember, tapi, menjelang akhir musim mereka dilanda keletihan yang sangat besar. Apalagi, jika pemain-pemain yang bermain di Premier League, masih bermain lagi di turnamen besar bersama negerinya seperti Euro atau Piala Dunia.

Hal tersebut sedianya sudah menjadi problematika klasik bagi sepak bola Inggris, yang berujung anjloknya prestasi timnas Inggris. The Three Lions hanya mampu meraih satu titel besar pada Piala Dunia 1966. Unik. Pasalnya, Inggris selalu dipenuhi talenta-talenta berbakat tiap tahunnya.

Mantan pelatih timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson, merupakan sosok yang paling vokal berbicara. Ia menilai jadwal padat Premier League sebagai biang di balik turunnya performa pemain di timnas Inggris. Mereka sudah terlanjur kelelahan hingga tak mampu tampil optimal.

FA selaku Federasi Sepak Bola Inggris tidak buta akan masalah tersebut. Melalui Ketua Eksekutif FA, Martin Glenn, FA tengah meninjau kemungkinan untuk menerapkan jeda musim dingin dalam waktu dekat.

"Kami terus bekerja sama dan lebih kolaboratif dengan pertandingan profesional ketimbang waktu manapun di beberapa tahun terakhir. Dengan sangat segera akan ada penciptaan jeda musim dingin, yang dibutuhkan untuk meningkatkan klub-klub kami dan juga timnas Inggris," tutur Glenn di Goal, Kamis (31/5).

Jelas ucapan Glenn itu jadi angin segar bagi sepak bola Inggris. Permasalahannya adalah: tidak mudah begitu saja menghapus boxing day yang sudah menjadi tradisi wajib di Inggris.

Breaking News Timnas Inggris FA Premier League Sven-Goran Eriksson
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.211

Bagikan