Fabio Capello Bocorkan Cara Ubah Ibrahimovic Jadi Penyerang Kelas Dunia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 23 Januari 2022
Fabio Capello Bocorkan Cara Ubah Ibrahimovic Jadi Penyerang Kelas Dunia
Zlatan Ibrahimovic (Twitter)

BolaSkor.com - Fabio Capello merupakan salah satu orang yang berperan penting dalam karier Zlatan Ibrahimovic. Juru taktik berkebangsaan Italia itu membocorkan cara membentuknya menjadi penyerang kelas dunia.

Capello dan Ibrahimovic sama-sama datang ke Juventus pada musim panas 2004. Mereka bagian dari proyek Luciano Moggi untuk membuat Bianconeri mendominasi Italia dan Eropa.

Namun awal karier Ibrahimovic bersama Juventus tak berjalan mulus. Ia gagal mencetak satu pun gol di ajang Liga Champions pada musim perdana.

Baca Juga:

Perbedaan Perolehan Poin AC Milan dengan atau Tanpa Zlatan Ibrahimovic

Cetak 300 Gol, Ibrahimovic Samai Catatan Ronaldo dan Messi

Membedah Ketajaman Zlatan Ibrahimovic Kontra Inter Milan

Fabio Capello dan Zlatan Ibrahimovic

Paceklik gol juga sempat dijalani Ibrahimovic di ajang Serie A. Ia total hanya mampu mencetak 16 gol dari 45 laga di semua kompetisi.

Produktivitas gol Ibrahimovic semakin menurun pada musim kedua. Pada momen inilah Capello menunjukkan tangan dinginnya.

"Ibrahimovic tidak bisa menembak! Mino Raiola mengatakan dia sangat kuat dan akan mematahkan tangan penjaga gawang, tetapi saat itu yang berhasil dia pecahkan hanyalah jendela gym kami," kata Capello kepada Sky Sports.

Skill olah bola Ibrahimovic memang sudah terlihat sejak masih memperkuat Ajax Amsterdam. Namun naluri golnya ternyata masih harus diasah.

Capello pun meminta Ibrahimovic untuk bermain lebih egois di depan gawang. Ia menjadikan Marco van Basten sebagai contoh yang harus ditiru.

“Dia memiliki keterampilan teknis yang sama dengan Van Basten dan saya membuatnya menonton beberapa video untuk meningkatkan penyelesaiannya," tambahnya.

“Saya menyuruhnya untuk melihat pergerakan Van Basten di dalam kotak penalti dan cara dia mencetak gol. Saya pikir ada hasil di luar sana untuk membuktikannya.”

Cara yang dilakukan Capello pada akhirnya berhasil mengubah Ibrahimovic menjadi pemain yang lebih baik. Sayang kasus Calciopoli membuat keduanya harus berpisah.

Capello memilih pindah ke Real Madrid saat Juventus dijatuhi hukuman degradasi ke Serie B pada musim panas 2006. Sementara Ibrahimovic membuat langkah mengejutkan dengan hijrah ke inter Milan.

Bersama Inter, Ibrahimovic mulai terbiasa mencetak gol-gol spektakuler. Ia kemudian berpetualang ke sejumlah klub besar hingga kini terdampar di AC Milan yang notabene bekas klub Van Basten.

Zlatan Ibrahimovic Fabio capello Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan