Fabio Lefundes Kesal Ditanya soal Pemilihan Miswar Saputra sebagai Kiper Utama

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 03 Februari 2023
Fabio Lefundes Kesal Ditanya soal Pemilihan Miswar Saputra sebagai Kiper Utama
Pelatih Madura United, Fabio Lefundes. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih Madura United, Fabio Lefundes terlihat gusar saat mendapat pertanyaan alasan memainkan Miswar Saputra saat timnya bermain imbang 1-1 kontra Dewa United pada laga yang berlangsung di Indomilk Arena, Tangerang (2/2).

Klub berjuluk Laskar Sape Kerrab itu pun dipastikan gagal mencatatkan cleansheet sejak memasuki putaran kedua. Bahkan dalam liga laga yang telah dilalui, sang penjaga gawang telah kebobolan tujuh gol.

"Kalau kami lakukan itu, akan jadi masalah. Apa kalau dia kebobolan harus terus ganti kiper? Empat laga sebelumnya kami (selalu) kebobolan. Itu bukan cuma kesalahan barisan belakang dan kiper, tetapi semua yang ada di lapangan," tegasnya.

Baca Juga:

Kehilangan Dua Pemain Inti, Persebaya Siapkan Strategi Ladeni Borneo FC

Kesan Egy Maulana Vikri Cetak Gol pada Laga Debut di Liga 1

"Saya sudah main empat pertandingan, mungkin saja saya menang 5-4 dan kiper saya kebobolan 12 kali. Tetapi kalau saya bisa menang empat pertandingan itu, tidak ada yang akan bertanya soal jumlah kebobolan. Karena kalah, pertanyaan soal rotasi kiper itu ada," sindir Lefundes.

Pelatih asal Brasil itu menjelaskan bila pemilihan penjaga gawang utama tak berdasarkan like or dislike. Ia memantau kinerja seluruh pemain di lapangan untuk menentuan siapa yang akan tampil di posisi starter.

"Kami punya tiga kiper bagus dan ada dua yang bermain yakni Miswar atau Rendy (Oscario). Mereka kerja bagus, banyak save penting untuk bikin kami memenangkan pertandingan Tetapi kami akan kasih posisi utama kalau di latihan terlihat lebih baik," ungkapnya.

"Pertandingan ini, Miswar bisa bantu tim di pertandingan. Tetapi laga berikutnya bisa jadi Rendy. Jadi bukan karena dia kebobolan tetapi ada kriteria lain untuk pilih siapa yang akan main," terang Lefundes.

Ia merasa kehidupan di tanah air begitu kejam saat melakukan kesalahan. Banyak pihak mencoba menghakimi tanpa mau tahu apa yang terjadi sebenarnya.

"Ini sesuatu hal yang baru menurut saya. Di Indonesia, kalau kamu salah harus cari siapa yang melakukan kesalahan. Terkadang walau kamu tahu siapa yang salah dan kamu benar, kamu harus ikut selesaikan kesalahan itu," tandasnya. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)

Fabio Lefundes Madura united Dewa United FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan