Fabio Quartararo, Pembalap Prancis Keempat Pemenang MotoGP

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Minggu, 19 Juli 2020
Fabio Quartararo, Pembalap Prancis Keempat Pemenang MotoGP
Fabio Quartararo. (MotoGP)

BolaSkor.com - Gaung pembalap asal Prancis di dunia MotoGP tidak terlalu diperhitungkan. Namun, kehadiran Fabio Quartararo bisa jadi mengubah hal tersebut.

Sepanjang penyelenggaraan MotoGP, belum pernah ada pemenang asal Prancis. Bahkan, sebelum GP Jerez 2020, hanya ada tiga nama dari negara tersebut yang pernah memenangi seri.

Ketiganya adalah Christian Sarron, Pierre Monneret, dan Regis Laconi. Bandingkan dengan kiprah pembalap asal Prancis di Superbike yang pernah dua kali menjadi juara.

Baca Juga:

Hasil MotoGP Jerez: Rossi dan Marquez Crash, Quartararo Tak Terbendung

Alex Rins Dipastikan Batal Tampil pada MotoGP Jerez 2020

Raymond Roche menjadi pembalap asal Prancis pertama yang memenangi SuperBike pada 1990. Kemudian, pada 2014, ada nama Sylvain Guintoli yang mengulangi raihan tersebut.

Sementara itu, di MotoGP, tidak pernah ada pembalap asal Prancis yang memenangi ajang tersebut selama lebih dari dua dekade. Adalah Laconi orang Prancis terakhir yang melakukannya.

Tepatnya pada ajang MotoGP 1999 di Sirkuit Valencia. Kala itu, Laconi mengendarai motor Yamaha YZR500 dan memperkuat Red Bull Yamaha.

Setelah hampir 21 tahun, akhirnya ada lagi pembalap asal Prancis yang memenangi MotoGP. Adalah Quartararo, yang menariknya juga mengendarai motor Yamaha.

Dengan Yamaha YZR M1, Quartararo mengalahkan pembalap Yamaha lainnya, Maverick Vinales. Hebatnya, itu dilakukan dengan menggunakan motor tim satelit, Petronas Yamaha.

Breaking News Fabio Quartararo Prancis Motogp MotoGP 2020
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan