Fakhri Husaini Punya Enam Kriteria untuk Menentukan 23 Pemain Timnas Indonesia U-18

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 04 Juli 2019
Fakhri Husaini Punya Enam Kriteria untuk Menentukan 23 Pemain Timnas Indonesia U-18
Fakhri Husaini (BolaSkor.com/ Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com – Pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengaku sudah memiliki kriteria untuk membentuk tim yang kuat. Mantan pemain Timnas Indonesia era 1990-an ini menegaskan ada enam kriteria yang akan menjadi penilaiannya.

Saat ini Timnas Indonesia U-18 sedang melakukan pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pada seleksi tahap akhir ini Fakhri Husaini memanggil 33 nama pemain.

Dari 33 nama pemain tersebut, mantan pelatih PKT Bontang ini akan mengerucutkan menjadi 23 pemain. Namun, butuh waktu yang lama untuk sang pelatih menentukan 23 nama tersebut.

Baca Juga:

Fakhri Husaini Ungkap Alasan Panggil 33 Pemain untuk TC Akhir Timnas Indonesia U-18

Tes Fisik Jadi Santapan Hari Pertama TC Tahap Akhir Timnas Indonesia U-18

Terkait kriteria 23 pemain yang bakal dibawa ke Vietnam, Fakhri Husaini sudah memiliki standar khusus. Standar ini tidak pernah berubah sejak ia menakhodai timnas U-16, yakni pemain harus hebat dalam empat aspek: teknik, taktik, fisik, dan mental.

“Misal aspek fisik, strenght, atau agility tidak bagus ya dia tidak masuk. Lalu aspek teknik, passing jelek shooting jelek, itu tidak masuk juga. Kalau taktik, bertahan dan menyerangnya tidak bagus ya mereka tidak masuk,” kata Fakhri.

Selain itu, ada dua aspek tambahan yang menurutnya tidak boleh diabaikan pemain, adalah sikap atau perilaku di dalam dan di luar lapangan. Ini yang akan menjadi fokus Fakhri Husaini selama satu bulan ke depan.

“Kalau mental sudah jelas, mereka harus tunjukkan sikap fair play selama latihan dan pertandingan. Saya mengajarkan mereka bukan hanya sepak bola, tapi juga kebaikan ,” tutup Fakhri.

Fakhri husaini Timnas Indonesia U-18 Timnas Indonesia U-19 Piala AFF U-18
Posts

4.871

Bagikan