Fakta-fakta Menarik dari Keberhasilan Atletico Menjuarai LaLiga 2020-2021

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 23 Mei 2021
Fakta-fakta Menarik dari Keberhasilan Atletico Menjuarai LaLiga 2020-2021
Atletico Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Atletico Madrid mengakhiri penantian titel LaLiga selama tujuh tahun lamanya di musim ini. Los Colchoneros - julukan Atletico - mengakhiri dominasi Real Madrid dan Barcelona di persaingan yang ketat musim ini.

Tiga kuda pacu persaingan bersaing ketat hingga juara baru ditentukan di pekan terakhir liga. Atletico mengalahkan tim yang bertarung selamat dari zona degradasi, Real Valladolid di laga terakhir, Sabtu (22/05) malam WIB.

Hasilnya Atletico dibuat susah payah dan sempat tertinggal dari gol Oscar Plano (18') yang dibalas dua gol Angel Correa (57') dan Luis Suarez (67') di babak kedua. Atletico menang 2-1 dan kemenangan 2-1 Real Madrid atas Villarreal tak lagi bernilai - Atletico juara dengan jarak dua poin atas Madrid.

Suarez menorehkan 21 gol di LaLiga musim ini sejak pindah dari Barcelona pada musim panas 2020. 21 golnya itu memberikan 21 poin untuk Atletico dan menurut Opta membuatnya menciptakan catatan tertinggi dibanding pemain lainnya.

Baca Juga:

Nostalgia: Musim 2015-2016, Terakhir Kali Persaingan Titel LaLiga Berjalan Sengit

5 Drama Penentuan Gelar Juara LaLiga di Pekan Terakhir

3 Alasan Atletico Lebih Layak Juara daripada Real Madrid

Diego Simeone diangkat para pemain Atletico Madrid

"Saya senang untuk banyak orang," kata Simeone usai pertandingan dikutip dari Marca. "Ini merupakan musim yang sangat kompleks, dan begitu banyak orang yang tersesat karena virus, jadi bagi Atletico untuk menjadi juara berbeda."

"Itu adalah musim yang sulit, seperti sejarah kami; ini salah satu musim terbaik untuk menjadi juara."

Atletico terakhir menjuarai LaLiga pada 2014 dan Simeone, yang juga melatih klub kala itu, melihat dua kesuksesan yang sangat berbeda, khususnya saat ini di tengah pandemi virus corona.

"Mereka (Atletico pada 2014) berbeda, dengan perasaan berbeda. Dunia sedang mengalami situasi yang sangat buruk dan saya berharap kami telah memberi banyak orang kegembiraan," tambah Simeone.

"Menghabiskan 32 pekan di puncak klasemen sangat besar. Saya berterima kasih, terutama kepada mereka yang bermain lebih sedikit dari yang lain. Kami tetap tim dengan tujuan dan kami melakukannya di setiap menit."

Sejumlah fakta menarik tercipta selepas keberhasilan Atletico Madrid memenangi titel LaLiga 2020-2021. Berikut ulasannya:

1. Atletico kebobolan hanya dengan rata-rata 0,66 gol di LaLiga musim ini, terendah yang pernah mereka catat di kala memenangi titel liga.

2. Atletico memenangi LaLiga musim ini dengan 86 poin, terendah oleh tim yang memenangi liga sejak musim 2007-2008 (Real Madrid dengan 85 poin).

3. Jan Oblak telah memenangi penghargaan Ricardo Zamora untuk kali kelima, satu-satunya kiper non-Spanyol yang memenanginya lima kali (penghargaan kiper terbaik semusim).

4. 12 gol dan 11 assists. Marcos Llorente sebelumnya hanya mencetak tiga gol dan memberikan lima assists dalam karier LaLiga.

5. Hanya dua pelatih Atletico yang memenangi dua titel LaLiga untuk klub sebelum Diego Simeone, Ricardo Zamora (1940 dan 1941) dan Helenio Herrera (1950 dan 1951).

6. 21 gol Luis Suarez musim ini sama dengan musim 2018-2019 kala terakhir memenangi LaLiga dengan Barcelona

Breaking News Atletico Madrid LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan