Fakta-fakta Menarik dari Keberhasilan Chelsea Menjuarai Piala Super Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 12 Agustus 2021
Fakta-fakta Menarik dari Keberhasilan Chelsea Menjuarai Piala Super Eropa
Chelsea juara Piala Super Eropa (@ChelseaFC)

BolaSkor.com - Chelsea menatap musim 2021-2022 dengan optimisme tinggi menyusul keberhasilan memenangi titel Piala Super Eropa. The Blues mengalahkan Villarreal melalui drama adu penalti, Kamis (12/08) dini hari WIB.

Bermain di Windsor Park, Belfast, Chelsea sempat unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Hakim Ziyech di menit 27, Villarreal baru dapat membalasnya di babak kedua, tepatnya menit 73 melalui gol yang dicetak Gerard Moreno.

Pada drama adu penalti Chelsea menang 6-5 setelah Kepa Arrizabalaga menyelamatkan dua penalti Villarreal dari Raul Albiol dan Aissa Mandi, sementara dari Chelsea hanya Kai Havertz yang gagal mencetak gol.

Thomas Tuchel menuturkan sulitnya pertandingan mengingat Villarreal arahan Unai Emery memberikan perlawanan sengit. Khususnya setelah Villarreal menyamakan kedudukan.

Baca Juga:

Chelsea 1-1 Villarreal (6-5): The Blues Juara Piala Super Eropa

Timo Werner Sesumbar Ciptakan Duet Maut bersama Lukaku

Prediksi Premier League 2021-2022: Mencari Penantang Duo Manchester

Chelsea vs Villarreal

"Laga tadi sulit, 120 menit setelah kurang lebih tidak ada apa-apa. Kami sangat kuat di 30, 35 menit pertama, tetapi kemudian kami kehilangan beberapa bola mudah setelah gol kami," ucap Tuchel di laman resmi Chelsea.

"Di babak kedua kami terlalu pasif, terlalu banyak kehilangan bola, dan mereka sepatutnya menyamakan kedudukan."

"Sejak saat itu hingga akhir kami sangat kuat lagi. Kami berinvestasi lebih banyak (secara ofensif) hingga menit ke-120 dan kami pantas menang."

Kemenangan itu memastikan akhir penantian titel Piala Super Eropa Chelsea yang terakhir dimenangi sejak 1998. Selepas itu Chelsea selalu gagal menang pada 2012, 2013, dan 2019. Berikut fakta menarik lainnya:

1. Jorginho dan Emerson merupakan pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang memenangi Liga Champions, Piala Eropa, dan Piala Super Eropa di tahun yang sama.

2. Thomas Tuchel manajer pertama dalam sejarah Chelsea yang memenangi Piala Super Eropa dan Liga Champions.

3. Gerard Moreno sekarang telah mencetak lebih banyak gol untuk Villarreal (83 gol) lebih dari pemain mana pun dalam sejarah klub.

4. Hakim Ziyech pemain pertama sepanjang masa dari Maroko yang mencetak gol di Piala Super Eropa

5. Unai Emery paling sering memenangi Liga Europa tapi tak pernah memenangi Piala Super Eropa

6. Juara-juara Liga Champions kini paling sering memenangi Piala Super Eropa (delapan dari sembilan musim terakhir).

7. Untuk tiga tahun beruntun Piala Super Eropa dimenangi oleh manajer dari Jerman: Jurgen Klopp (2019), Hansi Flick (2020), dan Thomas Tuchel (2021).

8. Dalam kariernya sebagai pelatih Thomas Tuchel tak pernah kalah melawan tim-tim dari Spanyol: menang empat kali dan imbang lima kali dari sembilan laga.

Breaking News Chelsea Piala Super Eropa Villarreal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan