Fakta-fakta Menarik Laga Persebaya vs TIRA-Persikabo

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 30 Maret 2019
Fakta-fakta Menarik Laga Persebaya vs TIRA-Persikabo
Partai Persebaya Vs TIRA-Persikabo. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Banyak kejadian menarik tersaji di pertandingan babak 8 besar Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya melawan PS TIRA-Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo kemarin sore (29/3).

Persebaya memetik kemenangan 3-1 atas TIRA-Persikabo. Gol-gol Green Force dipersembahkan Manuchehr Jalilov (2), Damian Lizio (88) dan gol penutup oleh Amido Balde pada menit (90). Sementara gol balasan TIRA-Persikabo diceploskan Osas Saha (68). Hasil itu membuat Persebaya melaju ke semifinal turnamen pramusim tersebut.

Selain memenangkan pertandingan ini, ternyata menyisakan beberapa fakta menarik dari laga kemarin. Berikut BolaSkor.com coba rangkum fakta-fakta tersebut.

1. Peduli Kanker Lewat Lempar Boneka

Peran membantu sesama ditunjukkan oleh Bonek lewat gerakan Hujan Boneka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sore tadi (29/3). Ribuan boneka dilempar suporter saat turun minum pada pertandingan babak 8 besar Piala Presiden 2019 antara Persebaya melawan PS Tira-Persikabo. Boneka berbagai bentuk dan ukuran itupun berserakan dan selanjutnya dikumpulkan, lalu hasilnya akan disumbangkan ke anak-anak penderita kanker.

Gerakan ini merupakan aksi spontan Bonek. Awal mula gerakan ini muncul setelah Jojo dan Zoro (dua maskot Persebaya) bersama Ivo Ananda, istri dari Presiden Klub Persebaya Azrul Ananda mengunjungi RS dr. Soetomo, Surabaya. Pada Desember 2018 lalu, mereka memberikan boneka dan santunan kepada para pengidap kanker.

Aksi Bonek tersebut menjadi yang pertama di Asia. Mereka terinspirasi dari aksi serupa yang dilakukan oleh suporter Real Betis melawan Eibar dalam Liga Spanyol akhir tahun lalu. Total boneka yang terkumpul mencapai sekitar 20 ribu, dan akan disalurkan ke rumah sakit-rumah sakit di Jawa Timur.

Aksi lempar boneka sebagai peduli kanker. (BolaSkor.com/Kurniawan)

2. Rekor Penonton Piala Presiden 2019

Selama berlangsungnya turnamen Piala Presiden 2019, rekor penonton terbanyak dipegang laga PSS Sleman menghadapi Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo Sleman. Saat itu, tercatat 29.150 penonton hadir di stadion kebanggaan Sleman.

Namun rekor tersebut terpecahkan oleh Persebaya melawan PS Tira-Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo. Pada pertandingan kemarin (29/3) dengan jumlah penonton hampir 2 kali lipat Persija vs PSS. Pihak panpel Persebaya memastikan, total sebanyak 42.230 penonton menyaksikan langsung ke stadion terbesar kedua di Indonesia tersebut.

Berikut jumlah penonton terbanyak selama gelaran Piala Presiden 2019:
Persebaya Surabaya vs PS Tira-Persikabo: 42.230
PSS Sleman vs Persija Jakarta: 29.150
Persela Lamongan vs Arema FC: 28.311
Persib Bandung vs Persebaya Surabaya: 26.834

3. Kartu Merah Terbanyak Dalam Satu Pertandingan

Hampir di setiap pertandingan sepakbola ada pelanggaran keras yang berhadiah kartu kuning atau kartu merah. Seluruh pemain sangat menghindari kartu merah tersebut. Namun hal itu malah terjadi pada pertandingan kemarin.

Laga ini menghasilkan kartu merah terbanyak di Piala Presiden 2019 dalam satu pertandingan. Total dua kartu merah keluar dari kantong wasit Handri Kristanto. Dua pemain PS Tira-Persikabo harus diusir keluar oleh wasit di penghujung pertandingan. Tensi laga meningkat usai gol ketiga Persebaya.

Abduh Lestaluhu dan Manahati Lestusen menerima kartu merah. Abduh menunjukkan reaksi berlebihan dengan mendorong wasit kelahiran Semarang 37 tahun lalu itu. Sementara Manahati mendapat kartu merah karena menanduk pemain Persebaya, Muhammad Hidayat. Tanpa ampun wasit yang juga seorang polisi itu membuat Manahati mandi lebih cepat.

4. Gol Tercepat Piala Presiden

Hadirnya Piala Presiden dalam tiga musim terakhir, sudah menciptakan beberapa rekor baru di turnamen pramusim. Salah satunya tercipta di laga kemarin. Gol akrobatik Manuchehr Jalilov ke gawang PS Tira-Persikabo menjadi salah satu yang tercepat.

Proses gol Jalilov bahkan tercipta cukup istimewa. Amido Balde yang melebar mengirimkan umpan silang ke kotak penalti Tira-Persikabo. Bola lantas disambut oleh Irfan Jaya, yang tanpa kawalan, dengan sundulan ke arah Jalilov. Pemain asal Tajikistan yang juga tanpa kawalan lawan itu lantas mencetak gol dengan salto ketika pertandingan berjalan 1 menit 20 detik.

Dia memecahkan rekor gol tercepat Piala Presiden tahun ini. Sebelumnya, penyerang Bali United, Melvin Platje, menyarangkan gol pada menit ke-3 saat Bali United menang dengan skor 3-0 atas Mitra Kukar, Minggu (3/3) lalu. Bahkan, gol Jalilov tersebut berpeluang menjadi gol tercepat sepanjang turnamen ini. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Persebaya surabaya Tira Persikabo Breaking News Bonek
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan