Fakta Menarik, De Gea dan Akinfeev Belum Sekalipun Melakukan Penyelamatan di Piala Dunia 2018

Arief HadiArief Hadi - Senin, 25 Juni 2018
Fakta Menarik, De Gea dan Akinfeev Belum Sekalipun Melakukan Penyelamatan di Piala Dunia 2018
Sergio Ramos dan David De Gea (Zimbio)

BolaSkor.com - Beberapa timnas negara partisipan Piala Dunia 2018 sudah dipastikan lolos ke-16 besar setelah laga kedua grup telah rampung. Beberapa negara lainnya juga masih berjuang meraih tiket fase gugur.

11 hari berlalu sejak Piala Dunia berlangsung. Beranekaragam momen dan fakta menarik sudah terjadi di Rusia - tuan rumah Piala Dunia 2018. Satu statistik menarik itu adalah jumlah penyelamatan kiper-kiper, yang perannya sama krusial dengan striker yang mencetak gol.

Sebagaimana yang tercantum di laman resmi FIFA (25/6), kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak setelah dua laga pertama grup adalah Guillermo Ochoa, kiper timnas Meksiko. Penjaga gawang berusia 32 tahun telah melakukan 14 penyelamatan dengan tingkat penyelamatan 93,3 persen.

Uniknya, nama kiper terbaik Premier League musim lalu, David De Gea, tidak ada di dalam daftar tersebut. Gawang Spanyol kebobolan tiga gol dari dua laga pertama Grup B, di mana ketiga gol itu datang dari satu pemain, Cristiano Ronaldo, kala Spanyol imbang 3-3 dengan Portugal.

Saat melawan Portugal, De Gea tidak melakukan satupun penyelamatan. Pun demikian di laga berikutnya melawan Iran, ketika Spanyol menang 1-0 melawan Iran. Statistik itu cukup unik jika mengingat betapa hebatnya De Gea ketika tampil bersama Manchester United, dengan jumlah penyelamatannya.

Bisa dimaklumi jika De Gea tidak melakukan penyelamatan melawan Iran, karena Iran bermain sangat bertahan sebelum kebobolan oleh gol Diego Costa. Namun saat melawan Spanyol, ada satu gol Portugal yang seharusnya tidak terjadi, apabila De Gea tidak melakukan blunder ketika coba mengamankan bola tendangan Ronaldo.

De Gea memiliki statistik yang sama dengan kiper Rusia, Igor Akinfeev. Selain itu, ada juga statistik untuk kiper dengan persentase penyelamatan mencapai 100 persen. Hanya dua kiper yang memilikinya, yakni Danijel Subasic (kiper Kroasia) dan Fernando Muslera (kiper Uruguay).

Breaking News David De Gea Manchester United Timnas Spanyol Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan