BolaSkor.com - Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar sejagat setelah Olimpiade, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Sabtu (18/8).

Pesta pembukaan berjalan meriah dengan suguhan atraksi yang luar biasa menawan. Perhelatan Asian Games 2018 dengan tema besar "Energi Asia" itu menjadi semakin spesial karena masih bernuansa perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73.

Pertunjukan kolosal yang disajikan sangat spektakuler dan mengundang decak kagum. Pertunjukan sendiri dibagi ke dalam tiga segmen, Water (Air), Earth (Bumi), dan Fire (Api).

Segmen Air, penata tari Denny Malik bersama pengarah musik Ronald Steven dan Addie MS, menggambarkan samudera biru yang menyatukan ribuan pulau di Indonesia.

Pembukaan Asian Games 2018 (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

Di segmen Bumi, menggambarkan keindahan Indonesia dilambangkan dalam gerakan yang menggambarkan ragam budaya, warna, ekspresi dan perspektif.

Pada segmen terakhir kembang api, Eko Supriyanto kembali menjadi penata tari dan Ronald Steven bersama Addie MS sebagai pengarah musik. Api menjadi lambang keberanian dan semangat berkompetisi bangsa Indonesia.

Berikut fakta menarik Upacara Pembukaan Asian Games 2018:

Tarian Saman:

Menjadi ungkapan selamat datang dengan koreografi dan perancang kostum Deni Malik. Total penari sebanyak 1600 penari (18 SMA se-DKI)

Segmen Water:

Masa kejayaan Majapahit mengingatkan kita sebagai masyarakat bahari yang mempunyai wilayah terluas di zamannya. Koreografi dan kostum oleh Deni Malik. Total penari sebanyak 400 penari.

Segmen Earth:

Tentang beragamnya tari tradisi Indonesia dari Sabang Sampai Merauke (Total 19 tarian). Total penari sebanyak 467 penari.

Segmen Fire:

Tentang semangat generasi muda Indonesia yang membara untuk menjadi yang terbaik. Terinspirasi dari Spirit of Kecak. Koreografi Eko Supriyanto, dan kostum oleh Rinaldi Yunardi. Total penari sebanyak 475 penari.

Energy of Asia:

Tentang generasi muda bangsa sadar akan kekuatan keberagaman dan kesatuan, tetapi tetap membuka diri untuk belajar dan berkolaborasi dengan ragam dari luar sebagai spirit Energy of Asia. Total penari sebanyak 421 penari.

Panggung Gunung:

Lebar 130m

Tinggi 27m

Dikerjakan oleh 350 orang dari Urban (Urang Bandung)

Air Terjun:

Tinggi air terjun 17m dari tanah

Lebar 12m

Beban air 60 ton

Baca berita soal sisi menarik Asian Games 2018 lainnya di Side.id