BolaSkor.com - Harvey Elliott melakoni debutnya sebagai pemain Liverpool dalam laga Piala Liga melawan MK Dons, Rabu (25/9) waktu setempat atau Kamis (26/9) WIB. Elliott yang berusia berusia 16 tahun 174 hari ikut membantu Liverpool memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.

Dalam laga perdananya, Elliott tampil impresif sepanjang laga. Beberapa kali dia menghadirkan ancaman kepada lawan meskipun gagal memaksimalkan peluang emas.

Baca Juga:

150 Laga Premier League, Jurgen Klopp Transformasi Liverpool

Kedalaman Skuat Bisa Jadi Pembeda Liverpool dengan Man City dalam Perebutan Titel Premier League

Seusai pertandingan, pemain kelahiran Inggris 4 April 2003 itu kebanjiran pujian. Salah satu pujian datang langsung dari sang manajer Jurgen Klopp.

"Malam ini dia selalu menjadi pemain spesial untuk momen-momen spesial, tapi Anda bisa melihat performa keseluruhannya lewat caranya bertahan. Anda melihat pergerakannya yang sangat cerdas, tidak mudah melewatinya," ujar Klopp seperti dilansir laman resmi Liverpool.

Berikut fakta mengenai Harvey Elliott yang telah dirangkum BolaSkor.com dari berbagai sumber.

1. Pemegang Rekor Premiere League

Elliott mencatatkan debut Premier League bersama Fulham saat pertandingan melawan Wolves, 4 Mei 2019 ini, Fulham kalah 0-1 dari Wolves. Elliott yang saat itu berusia 16 tahun 30 hari menggantikan Matthew Briggs sebagai pemegang rekor pemain termuda dalam sejarah Premier League (16 tahun, 68 hari pada 2007).


2. Penggemar Liverpool atau Real Madrid?

Dalam akun Instagram pribadinya, Elliott menyatakan mimpinya sebagai suporter Liverpool tercapai saat dia bergabung dengan The Reds pada 28 Juli 2019. Elliott saat itu mengunggah foto dirinya saat kecil berpose di Stadion Anfield.

Namun uniknya, dalam kesempatan berbeda juga beredar foto Elliott kecil terlihat gembira mengenakan jersey milik Real Madrid.


3. Jadi Incaran Klub Besar Eropa

Pamor Elliott sebagai talenta muda beredar hingga ke penjuru Eropa. Sebelum beralih dari Fulham ke Liverpool, Harvey Elliott sudah masuk dalam daftar incaran raksasa Eropa seperti Barcelona, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain.

Tidak hanya itu, Elliott juga sangat diminati klub papan atas Premier League. Manchester City, Chelsea, dan Arsenal dikabarkan sudah bersiap menggaetnya, namun akhirnya Liverpool berhasil mendapatkannya.

4. Debutan ke-37 di Era Jurgen Klopp

Elliott merupakan pemain ke-37 yang menjalani debut Liverpool di era Jurgen Klopp. Pada laga melawan MK Dons, selain Elliott, Klopp juga memainkan empat debutan lain, Rhian Brewster, Herbie Kane, Caoimhin Kelleher, dan Sepp van den Berg.

5. 25 September, Tanggal Spesial

Tanggal 25 September bisa dikatakan sangat spesial buat Eilliott. Pemain yang besar di Chertsey itu mencatatkan debutnya sebagai pemain senior saat berusia 15 tahun 174 hari.

Elliott masuk sebagai pemain pengganti Floyd Ayite di menit ke-81 dalam laga Fulham melawan Millwall pada putaran ketiga Piala Liga, 25 September 2018. Elliott pun mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang pernah tampil di kompetisi ini. Dalam pertandingan itu, Fulham menang dengan skor 3-1.

Pada 25 September satu tahun kemudian, Elliott mencatatkan debutnya sebagai pemain senior Liverpool pada usia 16 tahun dan 174 hari. Elliott tampil gemilang saat membela Liverpool melawan MK Dons di ajang Piala Liga, ajang yang sama saat dia lakoni debut senior setahun silam.

Penulis: Shyanne Gunawan