Fakta Menarik MotoGP San Marino: Dominasi Honda dan Marc Marquez Berakhir?

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Senin, 31 Agustus 2020
Fakta Menarik MotoGP San Marino: Dominasi Honda dan Marc Marquez Berakhir?
Marc Marquez. (Repsol)

BolaSkor.com - MotoGP bakal melanjutkan musim 2020 dengan dua balapan di Sirkuit Misano. Dengan absennya Marc Marquez, terdapat sejumlah hal yang bisa dinantikan.

Marquez merupakan pembalap yang paling sering memenangi balapan di Sirkuit Misano. Total, enam kali pembalap asal Catalunya itu meraih kemenangan di sana.

Kali pertama saat masih turun di kelas 125cc (sekarang Moto3) pada 2010, lalu di kelas Moto2 pada 2011 dan 2012. Kemudian di MotoGP tiga kali pada 2015, 2017, dan 2019.

Baca Juga:

Bagai Pungguk Merindukan Bulan, Jorge Lorenzo Tak Mungkin ke Ducati

Miguel Oliveira, Pembalap MotoGP yang Santun dan Keren

Sayangnya kini Marquez tidak bisa tampil di Sirkuit Misano. Padahal, dua balapan beruntun akan berlangsung di sana, MotoGP San Marino dan MotoGP Rimini.

Situasi tersebut membuat hanya ada dua pembalap yang pernah menang di Sirkuit Misano dalam dua balapan tersebut. Keduanya adalah Andrea Dovizioso (2018) serta Valentino Rossi (2014).

Kebetulan, keduanya tidak mengendarai motor Honda. Artinya dominasi Honda dalam lima tahun terakhir (meraih empat kemenangan dari lima balapan) di Sirkuit Misano terancam berakhir.

Lantas, apa saja hal menarik dari MotoGP San Marino? Selain itu, apa-apa saja yang bisa dinantikan dari balapan di Sirkuit Misano nanti? Berikut ini BolaSkor.com merangkumnya:

Yamaha Sempat Mendominasi

Pada masa lalu, Yamaha sempat menguasai balapan di Sirkuit Misano. Ketika masih bernama 500cc, pabrikan asal Jepang itu meraih lima kemenangan sementara enam lainnya ketika sudah bernama MotoGP.

Akan tetapi, Yamaha tidak berkutik sejak Valentino Rossi meraih kemenangan pada 2014. Sejak saat itu, Honda meraih empat kemenangan dari lima balapan.

Breaking News Trivia MotoGP Marc marquez Motogp MotoGP 2020 Motogp san marino
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan