BolaSkor.com – Debut Luis Enrique sebagai pelatih timnas Spanyol berjalan dengan baik melalui kemenangan 2-1 atas Inggris di Wembley pada ajang Liga Negara Eropa. Kemenangan itu mencoreng rekor mulus Inggris yang tidak pernah kalah di Wembley pada laga kompetitif sejak 2007.

Enrique menunjukkan sikap sebagai pelatih yang tegas dan tidak pandang buluh dalam memilih skuat. Perombakan besar-besaran dilakukannya dari skuat Julen Lopetegui di Piala Dunia 2018. Spanyol tanpa Diego Costa, Lucas Vazquez, Koke, Nacho Monreal, dan Jordi Alba.

Mantan pelatih FC Barcelona memiliki gambarannya sendiri akan pemain yang diinginkan dan masuk dalam rencana bermainnya di dalam skuat Spanyol. Dari 23 nama yang dipanggil, Enrique memanggil beberapa debutan seperti Pau Lopez, Jose Luis Gaya, Dani Ceballos, dan pemain-pemain dengan caps rendah: Marcos Alonso, Inigo Martinez, Diego Llorente, Suso, Rodri.

Spanyol sedianya belum sepenuhnya keluar dari identitas bermain mereka yang mengandalkan penguasaan bola kala melawan Inggris. Akan tapi, ada kreativitas lebih dari gaya bermain mereka dan para pemain yang diturunkan Enrique dapat membaca situasi permainan dengan baik: kapan harus bertahan, meningkatkan intensitas serangan, memainkan tempo saat menguasai bola, dan lain sebagainya.

Kendati baru memulai perjalanannya dengan Spanyol, publik sudah yakin masa depan La Furia Roja cerah di bawah asuhan Enrique. Ironisnya, di balik euforia era baru Spanyol ada fakta pahit mengenai mantan klub yang pernah dilatih Enrique, Barcelona.