Faktor di Balik Peningkatan Jumlah Cedera Pemain di Premier League Musim Ini

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 13 November 2020
 Faktor di Balik Peningkatan Jumlah Cedera Pemain di Premier League Musim Ini
Trent Alexander-Arnold, bek Liverpool cedera (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2020-2021 belum memasuki setengah musim dan sudah banyak pemain yang bertumbangan karena cedera. Tentu saja ada alasan mengapa angka cedera pemain di Premier League meningkat musim ini dan jadi kekhawatiran manajer klub.

Menurut data Premier League yang dimuat BBC Sport sudah ada total 103 cedera otot di delapan laga pertama musim ini, peningkatan 16 persen dari periode yang sama musim lalu.

Menurut mantan fisioterapi Arsenal dan Inggris Gary Lewin ada dua faktor penyebabnya: kurangnya pramusim yang normal dan jadwal padat.

Baca Juga:

Dosa Solskjaer Musim Lalu yang Berdampak pada Isu Pemecatan Saat Ini

Masih Kepala Batu Tak Mau Beli Bek Baru, Liverpool?

Badai Cedera Liverpool Berlanjut, Joe Gomez Terancam Ikuti Jejak Van Dijk

Virgil van Dijk salah satu pemain Liverpool yang cedera

"Jika Anda belum sepenuhnya pulih dari pertandingan sebelumnya, kelelahan akan muncul dan cedera otot akan meningkat, karena jika Anda memiliki otot yang lelah dan Anda memaksakannya lagi, mereka akan patah," tutur Lewin.

Pandemi virus corona turut memengaruhinya. Akibat pandemi Covid-19 waktu selesainya musim lalu jadi mundur, serta jeda dari akhir musim lalu hingga dimulainya musim ini tidaklah terlalu panjang hingga pemain-pemain banyak yang letih.

Belum lagi dengan adanya jeda internasional yang menambah jadwal pemain. Tak ayal pemain-pemain juga angkat bicara soal jadwal tersebut, seperti halnya Toni Kroos dan Dejan Lovren baru ini.

"Orang-orang bertanya-tanya mengapa ada begitu banyak cedera, itu (jawabannya) sederhana," tutur Dejan Lovren di @Dejan06Lovren.

"Terlalu banyak pertandingan, tidak mungkin untuk pulih, ketika Anda tahu bahwa tahun ini adalah tahun yang aneh (pandemi virus corona). Tidak ada waktu istirahat yang tepat, (secara personal saya hanya memiliki delapan hari libur) tidak ada pramusim yang tepat dan jadwal yang gila!!"

"Toni Kroos benar dan banyak manajer lain mengatakan hal yang sama berulang kali, tetapi tidak ada yang mendengarkan. Orang yang menulis dan memutuskan jadwal pertandingan harus memikirkan topik ini."

Ditambah klub-klub yang berpatisipasi di Eropa, potensi cedera pemain bertambah semakin besar. Berikut pemain-pemain utama klub yang cedera hingga data yang dirangkum sampai 13 November 2020:

Liverpool: Virgil van Dijk, Fabinho, Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold

Manchester City: Sergio Aguero, Nathan Ake

Manchester United: Luke Shaw, Marcus Rashford

Arsenal: Thomas Partey

Chelsea: Christian Pulisic

Southampton: Danny Ings

Leicester City: Caglar Soyuncu, Ricardo, Wilfred Ndidi, Daniel Amartey

Breaking News Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan