BolaSkor.com - Persipura Jayapura memang sudah menerima secara besar hati kekalahan 1-3 dari tuan rumah Arema FC, pada lanjutan pekan ke-7 kompetisi Liga 1, Kamis (4/7). Tidak ada hal yang sangat disesali dari tim Mutiara Hitam itu, meski tren negatif harus berlanjut.

Kekalahan di Malang melanjutkan rekor tak pernah memang Persipura berlanjut sampai 6 pertandingan terakhir. Meski begitu, Persipura memetik pelajaran berharga dari kekalahan ketiga mereka musim ini. Yaitu dengan belajar untuk bisa memahami karakter lapangan stadion tim lain, ketika melanjutkan pertandingan tandang ke depan.

"Faktor lapangan sangat berpengaruh. Sehingga, sulit untuk mengembangkan permainan sesuai rencanan awal tim," tutur pelatih Kiper Persipura, Alan Haviludin.

Baca Juga:

Gol Cepat dan Terlambat Panas Jadi Biang Keladi Kekalahan Persipura dari Arema FC

Tekuk Persipura 3-1, Milomir Seslija Puas Penampilan Arema FC Sepanjang Laga

Awalnya, Ian Louis Kabes dkk. mengira pertandingan bakal berjalan lancar, lantaran Stadion Gajayana sudah tidak asing bagi mereka. Namun perkiraan itu meleset, setelah hujan turun secara deras tanpa henti sejak pertengahan babak hingga menit terakhir.

Situasi ini yang membuat Persipura sulit menemukan bentuk permainan terbaiknya. Alur bola dalam skema permainan sesuai ciri khas Persipura, harus terhalang dengan kondisi lapangan yang cukup buruk, dengan digenangi air di sejumlah sudutnya.

"Lagipula, Arema juga sudah terbiasa dengan kondisi lapangan di sini (Stadion Gajayana). Itu lah yang mungkin menjadi faktor kekalahan tim ini," jelasnya.

Kekalahan di Malang jelas semakin menyulitkan posisi Persipura untuk segera bangkit. Baru mengemas 3 angka, Persipura bahkan terbenam satu tingkat di atas Persela Lamongan yang menjadi juru kunci klasemen Liga 1. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)