Faktor Pengalaman Bawa Juventus ke Perempat Final

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 08 Maret 2018
Faktor Pengalaman Bawa Juventus ke Perempat Final
Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, dan Andrea Barzagli merayakan kemenangan Juventus atas Tottenham Hotspur. (zimbio)

BolaSkor.com - Juventus secara gemilang meraih tiket ke perempat final Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 di Stadion Wembley, Kamis (8/3) dini hari WIB. Juventus mampu keluar dari posisi sulit dan berbalik menjadi pemenang.

Peluang Juventus untuk lolos ke perempat final sebenarnya menipis ketika ditahan imbang 2-2 pada leg pertama di Turin. Mengoleksi dua gol tandang membuat posisi Tottenham ada di atas angin. Keuntungan untuk Spurs makin besar setelah Son Heung-min membawa klub asal London unggul 1-0.

Saat babak pertama usai, Spurs unggul agregat 3-2 dan mampu meredam Juventus hingga gagal membuat tembakan yang menemui sasaran sepanjang paruh pertama. Sebaliknya, Juventus dalam situasi terjepit karena dalam posisi tertinggal dan lawan menguasai jalannya permainan.

Babak kedua permainan tetap tak berubah, Spurs masih menguasai permainan dan beberapa kali mengancam gawang Juventus. Namun, apa yang terjadi? Saat laga tersisa kurang dari 30 menit, Juventus mampu membuat dua gol dalam rentang tiga menit atau tepatnya dua menit 49 detik.

Gol pertama yang dibuat Gonzalo Higuain merupakan shot on target pertama yang dicatat Juventus pada laga ini. Sedangkan gol kedua yang dicetak Paulo Dybala adalah shot on target kedua. Dan, kedua gol itu merupakan buah dari kelengahan barisan pertahanan Tottenham.

Ada apa dengan Spurs? Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah pengalaman. Paling tidak itu yang dikatakan bek Juventus, Giorgio Chiellini.

"Ini laga yang sulit, tapi sudah kami harapkan. Di akhir babak pertama, meski banyak kesulitan kami jelas sudah memprediksikannya. Kami tahu akan mendapatkan peluang dan harus bisa memanfaatkannya," kata Chiellini seperti dilansir Football Italia. "Kami tahu Spurs punya pertahanan buruk dan mental yang rapuh. Pengalaman sudah mengajari kami."

"Keberuntungan berpihak kepada yang berani. Jadi kami pantas mendapatkan keberuntungan. Tottenham memiliki peluang dan mereka tim yang bagus. Tapi kadang dalam situasi seperti ini Anda memerlukan pemicu, seperti mungkin memenangi sebuah trofi. Kami memiliki pengalaman dan untuk saat ini kami memaksimalkan itu," jelas Chiellini.

Bek tangguh Italia ini juga menghubungkan pentingnya pengalaman dengan apa yang menimpa Paris Saint-Germain. Menurut Chiellini, dia tak terkejut saat Real Madrid bisa menyingkirkan PSG. Madrid menang kesulitan di La Liga, tapi mereka memiliki pengalaman menghadapi situasi di fase knockout Liga Champions.

Liga Champions Juventus
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.105

Bagikan