FAM Buka Kans terhadap Harry Edge dan Marcel Kalonda Pasca Liridon Krasniqi Disahkan Bela Timnas Malaysia

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 09 Mei 2020
FAM Buka Kans terhadap Harry Edge dan Marcel Kalonda Pasca Liridon Krasniqi Disahkan Bela Timnas Malaysia
Harry Edge dan Marcel Kalonda. (Istimewa)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) membuka peluang melakukan perekrutan pemain berdarah asing lagi. Terbaru dua nama muncul dan mungkin difasilitasi FAM mendapat kewarganegaraan Malaysia.

Kedua nama itu yakni Harry Edge dan Marcel Kalonda. Keduanya sama-sama berposisi sebagai pemain bertahan.

Seperti dilaporkan Harry Edge merupakan kelahiran Selandia Baru. Adapun Kalonda dari Kongo. Keduanya dilaporkan memiliki darah Malaysia.

Edge yang saat ini bermain untuk klub Torslanda IK di Liga Swedia mengatakan bahwa darah Malaysianya berasal dari sang ayah. Sedangkan Kalonda yang berkiprah di Liga Zambia disebut-sebut punya garis keluarga dari Sabah, di mana kakeknya lahir di sana.

Baca Juga:

Sudah Disetujui FIFA, Pemain Naturalisasi Liridon Krasniqi Bisa Bela Timnas Malaysia

AFC Pastikan Stadion Utama Gelora Bung Karno Terfavorit di Asia Tenggara

"Kami sudah menghubungi mereka berdua dan sekarang dalam proses konfirmasi mereka terkait hubungan darah dengan negara kita," kata Ketua Komite Program Naturalisasi FAM Datuk Mohd Yusoff Mahadi dikutip dari Metro Arena.

"Menurut pegawai saya, mereka mengumpulkan informasi dan jika benar maka kami akan beralih ke proses selanjutnya, melihat kemampuan dan kualitas mereka," sambungnya.

Ikatan darah tampak menjadi syarat penting, terlebih untuk pemberian status keturunan. Yusoff turut menjelaskan proses naturalisasi Lee Tuck.

"Ia sebelumnya dikatakan punya hubungan darah dengan Malaysia, tetapi ketika kami meminta dokumen, itu tidak dapat dikonfirmasi. Jadi kami harus menyelesaikan proses dokumentasi."

Sementara itu, satu pemain naturalisasi Malaysia, Liridon Krasniqi sudah mendapat pengesahan dari FIFA untuk membela Harimau Malaya.

FAM Timnas Indonesia Malaysia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan