Farhan Halim, Si Raja Service Ace Timnas Voli Putra Indonesia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Mei 2023
Farhan Halim, Si Raja Service Ace Timnas Voli Putra Indonesia
Farhan Halim (ig/ieufarhan)

BolaSkor.com - Timnas voli putra Indonesia mencatatkan sejarah dengan meraih medali emas untuk ketiga kalinya secara beruntun di ajang SEA Games. Pada edisi 2023, Indonesia merebut emas seusai mengalahkan tuan rumah tiga set tanpa balas, Senin (8/5) malam.

Keberhasilan timnas voli putra Indonesia tidak lepas dari performa gemilang Farhan Halim. Atlet voli asal Jawa Barat ini tampil impresif, terutama lewat servis yang merepotkan lawan dan menghasilkan poin. Tak pelak, atlet berusia 22 tahun ini langsung menjadi sorotan, terutama di dunia maya.

Servis keras dan tajam memang sudah menjadi senjata andalan Farhan. Tidak heran jika dia menyabet gelar server terbaik pada ProLiga 2023. Teknik servis Farhan dengan memelintir bola ke atas sebelum melakukan jump serves terbukti ampuh untuk meraih poin.

Baca Juga:

Medali Emas Ke-20 Indonesia Hadir dari Mountain Bike Eliminator, Perunggu Juga Diperoleh

Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2023, Senin (8/5): Indonesia Menutup Hari dengan Emas Voli Putra

Target di SEA Games 2023 Tercapai Jadi Buah Kerja Keras dan Persiapan Serius Kun Bokator Indonesia

Farhan Halim memulai karier profesionalnya saat membela Jakarta Pertamina Energi pada musim 2018/2019. Musim berikutnya dia berganti kostum Pasundan Bandung, yang merupakan klub yang menempanya.

Sempat kembali membela Jakarta Pertamina Energi pada 2020. Performa apik membuat Farhan mendapatkan kesempatan bermaindi luar negeri. Pada musim 2021 Farhan dikontrak Hatta Club Dubai VC di Liga Bola Voli Yunior Uni Emirat Arab 2021 selama kurang lebih satu tahun.

Pulang dari Dubai, Farhan kembali ke Jakarta Pertamina Pertamax di Proliga dan memperkuat Pasundan Bandung di Livoli Divisi Utama. Pada Proliga 2023, Farhan bergabung ke klub Jakarta STIN BIN.

Di tim nasional, pemain yang mulai menekuni voli sejak 12 tahun itu sudah dua kali ikut membela negara di ajang SEA Games. Farhan debut di SEA Games 2021 dan sukses membawa pulang medali emas.

Pada SEA Games 2023, Farhan kembali masuk ke timnas. Pelatih Jiang Jie memosisikannya sebagai pemain cadangan. Dia bermain bergantian dengan Doni Haryono yang memiliki posisi yang sama.

Sebagai pemain cadangan, Farhan tampil gemilang dalam partai penyisihan melawan tuan rumah Kamboja dan Vietnam. Di final melawan Kamboja, Farhan dimainkan jadi starter.

Di final ini, Farhan bersama pemain timnas voli putra Indonesia tampil gemilang. Hat-trick medali emas akhirnya sukses dicatatkan.

Farhan halim SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan