FAT Beberkan Alasan Thailand Mundur dari Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 27 Juni 2019
FAT Beberkan Alasan Thailand Mundur dari Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Presiden FAT, Somyot Poompunmuang. (FAT)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mengeluarkan pernyataan di lamannya terkait Piala Dunia 2034. Pernyataan dikeluarkan menyusul pernyataan Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-O-Cha.

Prayut Chan-O-Cha sebelumnya menyatakan bahwa para pemimpin negara ASEAN menyetujui rencana pengajuan tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Namun belum diketahui negara mana saja yang akan didorong menjadi tuan rumah.

Belakangan Indonesia memiliki kemungkinan maju bersama Australia. Kemungkinan ini ada menyusul pembicaraan PSSI dengan Federasi Sepak Bola Australia (FFA), terlebih setelah FAT memberikan penjelasan bahwa Thailand mundur.

Dalam pernyataan di lamannya, FAT menjelaskan alasan di balik mundurnya Thailand. Thailand sebelumnya diplot bersama Indonesia maju melalui rapat dewan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) ke-12 di Bali pada September 2017. Rapat dewan juga menetapkan Indonesia sebagai pemimpin pencalonan.

Baca Juga:

FFA Benarkan Kemungkinan Australia dan Indonesia Kejar Status Tuan Rumah Piala Dunia 2034

PSSI Buka Kans bersama Australia, FAT Tunggu Keseriusan Pemerintah untuk Piala Dunia 2034

"Pada pertemuan Federasi Sepak Bola ASEAN ke-12, diumumkan bahwa PSSI dan FAT mewakili kawasan, untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034," tulis FAT.

"Indonesia didukung pemerintah. Sementara Thailand, harus melipat proyek. Oleh Menteri Pariwisata dan Olahraga, tidak setuju. Mengatakan bahwa harus mengembangkan tim nasional daripada harus memberikan perhatian menjadi tuan rumah," sambung FAT.

FAT dalam pernyataannya juga menjelaskan bahwa Piala Dunia 2034 memungkinkan digelar beberapa negara. Mengingat jumlah peserta yang bertambah menjadi 48 sejak 2026.

FAT juga mengutip pernyataan Presiden FIFA, Gianni Infantino, yang membuka peluang bagi negara ASEAN. "Hanya satu negara, tentu akan kesulitan menyelenggarakan Piala Dunia. Banyak negara secara bersama-sama, kenapa tidak?"

Negara-negara yang ingin menjadi tuan rumah dijelaskan FAT juga harus memberitahu AFC. Selain itu mendapat dukungan negara anggota.

Kemudian mengirim dokumen ke FIFA, di mana didalamnya termasuk surat jaminan dan pernyataan pemerintah mendukung pengajuan tuan rumah. Lapangan, pernyataan hukum, perjanjian, dan sejumlah hal lain termasuk infrastruktur.

Piala dunia 2034 Thailand Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan