BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) memutuskan untuk menurunkan Timnas U-19 di Piala AFF U-23 2022 yang digelar di Kamboja. Beberapa alasan menjadi pertimbangan.

Salah satunya adalah Liga yang bergulir. Jadwal Piala AFF U-23 mulai 14 sampai 26 Februari bentrok dengan penyelenggaraan Liga Thailand level 1 hingga 3.

Piala AFF U-23 juga tidak digelar di FIFA Matchday, sehingga tidak ada kewajiban klub melepas pemain U-23. Adapun Timnas U-23 hanya akan dipersiapkan untuk SEA Games 2021, Piala Asia U-23 2022, dan Asian Games 2022.

Pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Garcia, menyambut positif keputusan tersebut. Menurutnya, Piala AFF U-23 akan menjadi ajang yang bagus bagi anak asuhnya merasakan persaingan internasional.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Targetkan Timnas U-23 Juara Piala AFF U-23 2022

Shin Tae-yong Gunakan Pemain Lokal di Piala AFF U-23, Termasuk Penggawa Timnas U-18

Selain itu sebagai bagian persiapan untuk Piala AFF U-19, Piala Asia, dan Kualifikasi untuk Piala Dunia U-20.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Federasi Sepak Bola Thailand, yang fokus ke pemain muda dan memberikan kesempatan kepada Timnas U-19 berpartisipasi dalam Piala AFF U-23."

"Saya melihat sebagai kesempatan besar untuk meningkatkan pemain U-19 untuk agenda berikutnya seperti Piala AFF, termasuk Piala Asia, dan Kualifikasi untuk Piala Dunia usia muda," jelas Salvador Garcia.

Salvador Garcia tak menjanjikan prestasi. Baginya performa baik menjadi yang ingin dilihat dari anak asuhnya.

"Kami akan mencoba yang terbaik. Tetapi kami melihat ini sebagai peluang bagi pemain untuk berkembang. Mereka sudah bermain bersama sejak usia 14 tahun dalam Piala Wuhan di China."

Thailand tergabung di Grup C dalam Piala AFF U-23 2022 bersama Vietnam dan Singapura. Grup A diisi tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei, adapun Grup B Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Timnas Thailand U-19 akan menggelar persiapan di Chonburi 7-11 Februari. Sebanyak 23 pemain akan dipilih setelah program persiapan tersebut.