FC Barcelona 5-1 Real Madrid: Los Blancos Babak Belur di Clasico

Arief HadiArief Hadi - Senin, 29 Oktober 2018
FC Barcelona 5-1 Real Madrid: Los Blancos Babak Belur di Clasico
Luis Suarez catatkan hat-trick ke gawang Real Madrid (Foto: Twitter LaLiga)

BolaSkor.com - El Clasico berakhir nestapa bagi Real Madrid di jornada 10 LaLiga. Berlangsung di Camp Nou, Madrid dipecundangi tuan rumah, Barcelona dengan skor 1-5 dan tiga gol di antaranya diciptakan oleh Luis Suarez.

El Clasico akhirnya dimulai. Ernesto Valverde sama sekali tidak melakukan pergantian pemain dari skuat Barcelona yang terakhir melawan Inter Milan di Liga Champions. Tentu saja, minus Lionel Messi yang cedera.

Sementara Julen Lopetegui mencadangkan Marco Asensio dan memilih Isco sebagai pendamping Karim Benzema dan Gareth Bale di lini depan Real Madrid dalam taktik 4-3-3.

Bermain di Camp Nou, tuan rumah, seperti yang telah diprediksi, mendominasi penguasaan bola sejak awal laga dan mampu memanfaatkannya dengan gol yang relatif tercipta mudah melalui proses sederhana.

Berawal dari umpan terobosan dari Ivan Rakitic, bola sampai ke Jordi Alba yang melakukan overlap (naik membantu serangan) dan mengirim bola mendatar berbahaya ke dalam kotak penalti Madrid. Philippe Coutinho menyambarnya dan berbuah gol untuk Barca. 1-0 di menit 11.

Madrid benar-benar keteteran menghadapi gempuran 1001 malam Barca. Kesalahan individu yang dilakukan lini belakang juga tidak banyak membantu. Benar saja, Barca mendominasi penguasaan bola sampai 70 persen dan sukses menambah keunggulan di menit 30.

Kali ini, VAR (Video Asisten Wasit) beraksi pada momen pelanggaran Raphael Varane kepada Luis Suarez. Wasit tadinya tidak melihatnya sebagai penalti, lalu berubah pikiran ketika menyaksikan rekaman ulang tersebut. Penalti diberikan, Suarez tanpa ampun mengeksekusinya dengan baik. 2-0 Barca menjauh.

Kedudukan tersebut bertahan sampai paruh pertama berakhir. Barca sepenuhnya layak unggul di babak pertama ini. Sementara Madrid harus segera mengurangi kesalahan-kesalahan individu yang membahayakan mereka.

Lopetegui langsung menarik keluar Varane yang bermain sangat buruk di babak pertama dan menggantinya dengan Lucas Vazquez. Pergantian yang positif karena Madrid mampu memperkecil kedudukan di menit 50 melalui gol Marcelo.

Bek kiri asal Brasil mencetak gol dalam tiga laga beruntun melaluinya gol ketika menerima umpan silang mendatar Isco. Madrid memperkecilnya jadi 1-2. Mereka berusaha menyamakan kedudukan dengan momentum tersebut.

Sayang seribu sayang, Barca malah semakin tersengat karenanya dan mampu mencetak gol ketiga di menit 75 melalui tandukkan kepala Suarez, yang menyambar umpan silang Sergi Roberto. Kedudukan menjadi 3-1 bagi Barca.

Valverde juga telah memasukkan dua pemain cepat, Nelson Semedo dan Ousmane Dembele, menggantikan Rafinha dan Coutinho sebelumnya. Kehadiran mereka semakin menambah ancaman bagi pertahanan Madrid yang sudah berantakkan sejak babak pertama.

Kerapuhan lini belakang Madrid semakin terbukti kala Suarez mencetak hat-trick pada menit 83 dan lagi, menerima assist dari Roberto. Pesta gol Barca terus berlanjut hingga gol penutup dicetak oleh Arturo Vidal, yang baru masuk dari bangku cadangan, kala menanduk umpan silang Dembele.

Barca menang telak 5-1 atas Madrid. Blaugrana kokoh di puncak klasemen dengan raihan 21 poin, terpaut tujuh poin dengan Madrid yang berada di peringkat sembilan klasemen dengan catatan: 14 kali mencetak gol dan 14 kali kebobolan.

Susunan Pemain:

FC Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Sergi Roberto; Arthur Melo (Arturo Vidal 84'), Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Philippe Coutinho (Ousmane Dembele 74'), Luis Suarez, Rafinha Alcantara (Nelson Semedo 69')

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Marcelo (Mariano Diaz 82'), Sergio Ramos, Raphael Varane (Lucas Vazquez 46'), Nacho Fernandez; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric; Isco, Karim Benzema, Gareth Bale (Marco Asensio 77')

Breaking News El clasico Real Madrid FC Barcelona LaLiga Camp nou
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan