Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA, PSM Makassar Bisa Dapat Keuntungan

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 16 Agustus 2022
Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA, PSM Makassar Bisa Dapat Keuntungan
Selebrasi pemain PSM Makassar. (Instagram PSM Makassar)

BolaSkor.com - PSM Makassar bisa mendapatkan keuntungan atas pembekuan yang dilakukan FIFA terhadap Federasi Sepak Bola India (AIFF). Keuntungan akan jelas dirasakan PSM jika mengalahkan Kuala Lumpur City di final Zona ASEAN Piala AFC 2022.

Laga kontra Kuala Lumpur City akan digelar pada 24 Agustus. Jika menang, PSM Makassar lolos ke Inter-zone play-off semifinals.

PSM Makassar tidak perlu bertanding di Inter-zone play-off semifinals pada 7 September jika AIFF masih dalam sanksi FIFA. PSM juga akan lolos otomastis ke Inter-zone play-off final.

Baca Juga:

Sepak Bola India Dibekukan FIFA, Federasi Vietnam Harus Putar Otak

Ada Intervensi Pihak Ketiga, FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India

Hal ini lantaran lawan di Inter-zone play-off semifinals adalah klub India ATK Mohun Bagan FC. Pembekuan tentu membuat wakil India seperti tim nasional hingga klub tak bisa ambil bagian di ajang internasional di bawah FIFA atau AFC.

Ini juga terjadi saat Piala AFC 2015. Dua wakil Kuwait Al Qadsia dan Al Kuwait tak tampil di leg kedua semifinal pada 20 dan 21 Oktober 2015, setelah Federasi Sepak Bola Kuwait dibekukan FIFA pada 16 Oktober 2015.

Johor Darul Ta'zim dan Istiklol pun maju ke final Piala AFC 2015 dengan kemenangan walkover, setelah di leg pertama disikat wakil Kuwait.

AIFF dibekukan FIFA menyusul intervensi pihak ketiga. Hal ini bagi FIFA merupakan pelanggaran serius terhadap statuta FIFA, seperti yang dijelaskan Selasa (16/8).

Pengadilan Tertinggi di India dilaporkan membubarkan AIFF pada bulan Mei. Kemudian menunjuk tiga anggota komite untuk mengatur, mengubah konstitusi AIFF dan melakukan pemilihan yang telah tertunda selama 18 bulan.

FIFA merespons. Bersama Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengirim tim yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal AFC Windsor John untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan sepak bola India. Selain itu menetapkan roadmap bagi AIFF untuk mengubah statuta pada akhir Juli dan menyimpulkan pemilihan selambat-lambatnya pada 15 September.

Pengadilan India memerintahkan pemilihan diadakan segera pada awal bulan ini. Komite terpilih akan menjadi badan sementara untuk jangka waktu tiga bulan

FIFA baru akan mencabut sanksi jika komite yang mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF.

Psm makassar Piala AFC India Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan