BolaSkor.com - Duel panas Manchester City melawan Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Sabtu (8/8), akan dipimpin Felix Brych. Wasit asal Jerman itu memiliki catatan menarik terkait kedua kubu yang bertarung.

Seperti dilansir Goal Spanyol, Felix Brych memiliki kisah menarik di ajang Liga Champions. Dia merupakan wasit yang membuat Cristiano Ronaldo menangis di Stadion Mestalla. Ya, Brych adalah wasit yang memberi kartu merah kepada Cristiano Ronaldo pada debutnya di Liga Champions bersama Juventus 2018 lalu.

Sementara itu untuk Manchester City dan Real Madrid Brych juga bukan sosok baru. Kedua kudu pernah merasakan dipimpin wasit yang bertugas pada final Liga Champions 2017 di Cardiff itu.

Baca juga:

5 Hal Menarik yang Bisa Jadi Belum Diketahui Mengenai Sosok Zinedine Zidane

5 Catatan Menarik Mengenai Wonderkid Brasil Milik Barcelona, Gustavo Maia

Iker Casillas, Kiper Terbaik Real Madrid yang Dipaksa Pensiun karena Serangan Jantung

The Citizens sudah empat kali menjalani laga dipimpin Brych dan hanya meraih satu kemenangan dan selebihnya kalah. Sementara Madrid membukukan enam kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah ketika Brych ditunjuk menjadi wasit.

Tak ada catatan mencolok ketika Brych menjadi wasit dalam laga yang melibatkan Man City atau Madrid.

Dari empat pertandingan, wasit asal Jerman itu memberi sepuluh kartu kuning kepada Man City dan sebuah kartu kuning ganda yang berujung kartu merah untuk pemain The Citizens. Sedangkan dari sembilan laga, Madrid mendapat 17 kartu kuning dan satu kartu merah tidak langsung.

Kedua tim juga memiliki catatan kurang apik pada laga terakhir yang dipimpin Brych. Man City dan Madrid sama-sama mengalami kekalahan dalam laga terakhir dipimpin Brych. City keok 0-3 dari Liverpool pada leg pertama perempat final Liga Champions 2017-2018.

Sedangkan musim lalu Madrid menelan pil pahit ketika Brych bertugas saat dibantai 1-4 oleh Ajax di leg kedua babak 16 besar.

Felix Brych sendiri merupakan sosok yang dihormati di kalangan wasit. Laki-laki kelahiran Munich itu juga berprofesi sebagai pengacara dengan gelar Doktor. Brych sudah menjadi wasit internasional sejak 2007. Pada 2017, Brych mendapat penghargaan Referee of the Year dari the Globe Soccer Award yang diberikan di Dunai.

Dia dipercaya memimpin laga final Liga Champions antara Real Madrid dan Juventus di Cardiff pada 2017. Dia juga pernah memimpin final Liga Europa antara Benfica melawan Sevilla pada 2014.

Catatan menarik lain dari Brych adalah dia merupakan wasit yang paling sering memberikan penalti sepanjang sejarah Liga Champions dengan 26 kali.

Soal kartu kuning dan merah, Brych juga termasuk tidak pelit. Sepanjang 2019-20 dari semua kompetisi, Brych sudah mengeluarkan 142 kartu kuning dan 13 kartu merah.