Fenomena Baru MotoGP 2020: Tim Pabrikan dan Satelit Gunakan Motor Anyar

Hendry WibowoHendry Wibowo - Kamis, 15 Agustus 2019
 Fenomena Baru MotoGP 2020: Tim Pabrikan dan Satelit Gunakan Motor Anyar
Fabio Quartararo Gunakan Motor dengan Spesifikasi Sama seperti Pembalap Pabrikan Yamaha di MotoGP 2020 (Twitter/Petronas Yamaha)

BolaSkor.com - Selama ini, tidak semua tim satelit menggunakan motor spesifikasi terbaru di MotoGP. Contohnya Ducati. Dua pembalap tim satelit Pramac: Jack Miller dan Pecco Bagnaia memakai motor Ducati Desmosedici dengan tahun pembuatan berbeda.

Miller memakai motor yang sama seperti duo pabrikan Ducati: Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Sedangkan Bagnaia hanya menggunakan motor Ducati musim 2018.

Tapi di MotoGP 2020, fenomena di atas berubah drastis. Tiga pabrikan sekaligus: Ducati, KTM, dan Yamaha sudah memastikan akan menurunkan empat motor terbaru.

Baca Juga:

Musim Depan, Ducati Langsung Turunkan Empat Motor Baru

Tepis Isu ke KTM, Jack Miller Lanjutkan Komitmen bersama Pramac Ducati

Artinya tim satelit Pramac Ducati, KTM Tech 3 dan Petronas Yamaha mendapat jatah motor sama seperti pembalap pabrikan.

Jadi musim depan, Fabio Quartararo dan Franco Morbidellli mengendarai Yamaha YZR-M1 musim 2020 seperti Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Plus Dovi, Petrucci, Miller, dan Bagnaia semua menggeber Ducati Desmosedici GP20.

"Langkah ini diambil untuk membantu kami mendapat data dan informasi, sehingga membantu proses pengembangan motor," kata Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti saat ditanya alasan dua pembalap tim satelit Pramac memakai motor terbaru musim 2020.

Hanya saja langkah menggunakan empat motor spesifikasi sama dalam satu musim, dipastikan membuat tim pabrikan mengeluarkan dana besar. Karena alasan ini, mungkin Honda sampai sekarang masih menimbang untuk mengikuti jejak para rival.

Ya, sampai saat ini, hanya dua pembalap pabrikan Honda: Marc Marquez dan Jorge Lorenzo plus tim satelit LCR, Cal Crutchlow yang sudah dipastikan memakai motor RC213V tahun 2020 di MotoGP musim depan.

Rekan setim Crutchlow, Takaaki Nakagami kemungkinan masih menggeber motor usang musim depan. Bagaimana Suzuki dan Aprilia? Kedua tim pabrikan ini belum memiliki tim satelit. Sehingga tidak bisa mengikuti jejak Ducati, KTM, dan Yamaha.*

Breaking News MotoGP 2020 KTM Honda Yamaha Ducati
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan