BolaSkor.com - Perhelatan Piala Eropa 2020 sudah memasuki pertandingan kedua fase grup. Begitu banyak drama dan cerita yang terjadi serta satu hal lainnya yang tak kalah seru: rekor atau sejarah baru.

Sejarah baru itu terukir di pertandingan yang baru saja berakhir di laga kedua grup C Piala Eropa 2020 antara Ukraina kontra Makedonia Utara di National Arena, Kamis (17/06) malam WIB. Ukraina menang 2-1 atas Makedonia.

Dua gol Ukraina dicetak oleh Andriy Yarmolenko (29') dan Roman Yaremchuk (34') yang diperkecil gol Ezgjan Alioski (57'). Ukraina menjaga asa lolos fase grup dan Makedonia sudah otomatis tersingkir dengan dua kekalahan beruntun.

Satu nama mencuri perhatian dari pertandingan tersebut adalah Fernando Andres Rapallini. Wasit berusia 43 tahun berasal dari Argentina dan memimpin laga Piala Eropa yang notabene di bawah naungan UEFA. Mengapa demikian?

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Ukraina 2-1 Makedonia Utara: Synio-Zhovti Jaga Peluang

Cetak Enam Gol dari Dua Laga, Italia Masih Diragukan di Piala Eropa 2020

Cerita dan Tensi Panas di Balik Selebrasi Kontroversial Marko Arnautovic

Fernando Rapallini

Kesepakatan UEFA dan CONMEBOL

Pada pertandingan pertama grup C antara Belgia melawan Rusia Rapallini sudah mengukir rekor sebagai wasit dari CONMEBOL atau Federasi Sepak Bola Amerika Selatan pertama yang berpatisipasi di Piala Eropa.

Adanya Rapallini merupakan bagian dari kesepakatan pertukaran wasit yang disetujui UEFA dan CONMEBOL dan Rapallini kala itu jadi wasit keempat. Kini di laga antara Ukraina kontra Makedonia Utara Rapallini memimpin laga.

Sejarah untuk kali pertama terukir sebagai wasit non-Eropa pertama yang memimpin Piala Eropa, sebagai gantinya wasit dari Spanyol Gil Manzano memimpin laga di ajang Copa America. Rapallini didampingi kompatriotnya dari Juan Pablo Belatti, Diego yamil Bonfa, dan wasit keempat dari Slovenia Slavko Vincic.

Wasit yang juga menjadi instruktor renang itu sudah berada di divisi teratas Argentina sejak 2011 dan menikmati status internasional sejak 2014. Rapallini sudah terkenal dengan kariernya di Amerika Selatan.

Rapallini memimpin laga Ukraina kontra Makedonia Utara dengan baik, memberikan total tiga kartu kuning: satu untuk Ukraina dan dua untuk Makedonia, serta memberikan dua penalti untuk masing-masing kubu serta menilai laga dengan baik menggunakan bantuan VAR.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini