Fernduell Borussia Dortmund Vs Bayern Munchen dalam Perebutan Titel Bundesliga

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 27 Mei 2023
Fernduell Borussia Dortmund Vs Bayern Munchen dalam Perebutan Titel Bundesliga
Der Klassiker (Twitter)

BolaSkor.com - Perebutan titel Bundesliga 2022-2023 memanas hingga spieltag (pekan) terakhir. Dua tim besar Jerman, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, memperebutkannya sampai pekan 34 Bundesliga.

Dortmund asuhan Edin Terzic akan menjamu Mainz di Signal Iduna Park, Sabtu (27/05) pukul 20.30 WIB, sedangkan Bayern besutan Thomas Tuchel akan bermain melawan FC Koln di RheinEnergieStadion di waktu yang sama.

Dortmund memiliki keuntungan laga kandang dan keunggulan dua poin dari Bayern, tetapi sang juara bertahan senantiasa mengintip kans untuk mengkudeta mereka jika Dortmund - secara mengejutkan - kalah atau imbang melawan Mainz.

Dortmund menempati urutan satu klasemen saat ini dengan 70 poin dari 33 laga dengan selisih gol 39, diikuti Bayern dengan 68 poin dan selisih gol 53.

Baca Juga:

Uang Bukan Segalanya, Klub Italia dan Spanyol Bisa Bersaing Lawan Tim Inggris di Eropa

Liga Champions: Pertikaian Sadio Mane dengan Leroy Sane Bisa Bangkitkan Bayern Munchen

Satu Kemenangan Menuju Keabadian untuk Borussia Dortmund

Fernduell. Kata yang berasal dari Jerman itulah yang digunakan Derek Rae, penulis di ESPN, untuk menggambarkan perebutan titel Bundesliga di anara Dortmund dan Bayern. Kata itu memiliki arti "A long-distance duel" atau "Duel jarak jauh".

Konteksnya melibatkan dua tim bersaing untuk satu hal yang sama dan bermain di waktu yang sama tapi di tempat berbeda.

Persaingan titel Bundesliga musim ini, jika dibandingkan dengan LaLiga, Serie A, dan Premier League, memang lebih sengit dan melelahkan. Sejak Maret lalu persaingan memanas dan musim ini sudah ada delapan pergantian tim di puncak klasemen.

Bayern dan Dortmund bergantian di posisi tersebut empat kali dalam sembilan pekan terakhir. Kejutan besar pun terjadi pada pekan 33 Bundesliga.

Bayern bermain melawan RB Leipzig yang juga butuh kepastian untuk menyegel zona Liga Champions. Pada awalnya mereka unggul dari gol Serge Gnabry, tetapi dengan serangan balik cepat dan mematikan Leipzig 'membunuh' tuan rumah.

Tiga gol diciptakan Leipzig melalui Konrad Laimer (64') dan dua gol penalti Christopher Nkunku (76') dan Dominik Szoboszlai (86'). Leipzig menang 3-1 dan itu jadi kemenangan pertama mereka sepanjang masa melawan Bayern di Allianz Arena.

Situasi di Bayern berubah drastis dari tim dengan potensi treble winners menjadi nirgelar musim ini. Semua terjadi sejak manajemen memecat Julian Nagelsmann dan menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih.

Sementara itu pada 60 mil dari Allianz Arena, Dortmund meraih kemenangan krusial di laga tandang kontra Augsburg dengan skor 3-0. Dortmund dibuat bersabar hingga menit 58 sebelum Sebastien Haller mencetak gol diikuti gol lainnya pada menit 84, yang kemudian ditutup gol Julian Brandt di menit 90+3.

Dortmund di ambang menjadi juara Bundesliga sejak terakhir meraihnya pada 2011-2012 di bawah arahan Jurgen Klopp. Sementara dominasi Bayern yang sudah memenanginya sejak 2013 hingga 2022 terancam berakhir.

"Masih ada satu langkah yang ingin kami ambil bersama. Setelah itu, kami akan melepaskan semua emosi, apakah itu kebanggaan atau euforia. Kami belum selesai," ucap Edin Terzic.

"Dalam tujuh hari musim akan berakhir. Kemudian orang-orang - yang semuanya menghasilkan banyak uang - dapat membeli apapun yang mereka inginkan."

"Mobil berikutnya, rumah berikutnya, liburan berikutnya - tetapi Anda tidak dapat membeli saat-saat seperti ini. Kami memiliki untuk mengambil langkah terakhir dan membawa pulang trofi kejuaraan ke Dortmund."

Bundesliga Bundesliga Jerman Dortmund Borussia Dortmund Bayern Bayern munchen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan