BolaSkor.com - Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus, mengatakan posisi Angelo Alessio sebagai pelatih kepala Macan Kemayoran akan dievaluasi. Bahkan kata Ferry, bukan hanya Alessio, semua pemain yang saat ini ada di tim tidak dijamin aman posisinya.

Angelo Alessio sejauh ini memang belum mendapatkan hasil maksimal bersama Persija. Dari 14 pertandingan di Liga 1 2021/2022, Persija baru mendapatkan empat kemenangan, enam kali imbang, dan empat kalah.

Kekalahan teranyar didapat Persija dari Borneo FC pada pekan ke-14 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/11) malam WIB. Kekalahan itu jadi yang kedua secara beruntun setelah di pekan ke-13 Persija juga dipecundangi oleh Bali United, 0-1.

"Kami bicara per hari ini, hari ke hari itu yang evaluasi ada presiden klub, manajer, dan beberapa talent scouting atau tim yang mengevaluasi itu. (Soal kemungkinan Alessio dipecat), saya belum bisa berkomentar. Tidak ada yang abadi, bukan hanya pelatih, tapi pemain juga. Yang abadi adalah Persija," kata Ferry Paulus kepada awak media.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Kalahkan Persija, Borneo FC Lanjutkan Kemenangan Beruntun

Raffi Ahmad Masuk Daftar Pemegang Saham di Persija Jakarta

Ferry Paulus mengaku harus fair dalam menilai kinerja Angelo Alessio. Menurut Ferry, ada beberapa faktor yang membuat kinerja pelatih asal Italia tersebut terlihat belum maksimal.

Yang pertama, Ferry menilai Alessio tidak punya waktu yang cukup dalam mempersiapkan tim jelang bergulirnya Liga 1 musim ini. Alessio mulai memimpin latihan perdananya di Persija pada 18 Juni 2021.

Namun, belum genap sebulan melatih, Alessio memilih pulang ke negaranya, Italia. Hal ini tidak terlepas dari keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menunda kick off Liga 1 musim ini pada 9 Juli.

Setelah situasi membaik, Alessio kesulitan untuk kembali ke Indonesia karena adanya pembatasan warga asing yang masuk ke Tanah Air. Mantan asisten Antonio Conte itu pun baru memimpin latihan Persija lagi pada 3 September 2021, hanya dua hari sebelum tim Macan Kemayoran melakoni laga perdana musim ini kontra PSS Sleman (5/9/).

"Dengan kendala-kendala tersebut praktis persiapan hanya di ujung ketika kompetisi akan bergulir. Jadi kurang fair kalau kami menganggap (Alessio) seperti main sulap," ujar Ferry.

Ferry menuturkan ada beberapa hal positif yang dilakukan Alessio, meski secara hasil memang belum maksimal. Menurut Ferry, mantan pelatih Kilmarnock tersebut berhasil mempromosikan beberapa pemain muda binaan klub, seperti Ilham Rio Fahmi dan Dony Tri Pamungkas.

"Yang jauh lebih penting sebenarnya, kalau saya boleh mewakili teman-teman di tim, sampai hari ini banyak sekali peningkatan yang baik, progress positif, terutama anak-anak muda banyak yang hadir dan memberikan kontribusi," tutur Ferry.

Meski demikian, Ferry memastikan direksi dan manajemen Persija tidak menutup mata dengan kondisi saat ini. Salah satu rencana jangka pendeknya adalah memperkuat skuat yang ada saat ini dengan tambahan beberapa pemain baru di putaran kedua nanti.

"Tim ini tidak cukup didominasi pemain muda, makanya di putaran kedua, seperti yang sama-sama kita dengar, seperti penambahan pemain asing maupun lokal," ungkap mantan anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.