Festival Oranje Indonesia, Bukan Sekedar Mendukung Timnas Belanda

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 01 September 2022
Festival Oranje Indonesia, Bukan Sekedar Mendukung Timnas Belanda
Sekjen KNVB, Gijs de Jong bersama Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita. (KNVB)

BolaSkor.com - Timnas Belanda akan bermain pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Ini menjadi ‘comeback’ Louis van Gaal setelah terakhir kali memimpin The Oranje pada Piala Dunia 2014 Brasil. Ditambah jadi ajang ‘comeback’ timnas Belanda setelah absen di edisi terakhir, yakni Piala Dunia 2018 Rusia.

Tak hanya Oranje fans di Belanda yang antusias mendukung Memphis Depay dlk., namun para Oranje fans di Indonesia pun siap mendukung timnas favorit ‘kedua’ mereka.

Baca Juga:

KNVB Mencari Host untuk Oranje Indonesia, Jadi Bagian Penting Timnas Belanda

Ketika Fans Indonesia Dukung Timnas Belanda Melawan Polandia

Timnas Belanda
Timnas Belanda. (Twitter KNVB)

Sekjen KNVB Gijs de Jong, mengaku kagum dengan antusiasme suporter sepak bola yang mendukung Oranje di Indonesia.

“Kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan mengendarai motor skuter memakai atribut oranye setelah Tim Oranje memenangkan pertandingan. Selain itu, data juga menunjukkan ada lebih dari 12 juta Oranjefans di Indonesia. Ini benar-benar luar biasa dan sesuatu yang ingin kami rangkul,” kata Gijs de Jong di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (1/9).

Festival Oranje Indonesia

Festival Oranje Indonesia
Festival Oranje Indonesia. (Istimewa)

Sebagai bentuk apresiasi dan menjaga hubungan baik, KNVB menyelenggarakan banyak kegiatan untuk menciptakan kegiatan untuk para Oranje di Indonesia. Tahun ini, KNVB akan membawa pengalaman Oranje ke Indonesia dengan menyelenggarakan 'Oranje Indonesia Festival'

Festival ini merupakan yang pertama kali diadakan untuk para penggemar timnas Belanda di Jakarta.

“Festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan kami dalam menjaga hubungan baik dengan fans di Indonesia. Kami sangat ingin menunjukkan apresiasi kami atas dukungan mereka selama ini dan berharap dukungan mereka sekali lagi pada Piala Dunia mendatang,” ungkap Gijs de Jong.

Festival ini akan berlangsung pada hari pertandingan kedua Oranje di Piala Dunia 2022 Qatar (Belanda vs Ekuador) pada 25 November. Para penggemar dapat menyaksikan pertandingan Oranje secara langsung bersama di area Stadion GBK.

Tidak hanya tontonan umum, tetapi juga akan dimeriahkan dengan live music dengan musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner, dan tentunya talk show dengan legenda timnas Belanda.

Dalam komunitas besar pendukung Oranje di Indonesia, terdapat artis, presenter, pembawa acara olahraga, dan influencer ternama Indonesia. KNVB telah bertemu dengan beberapa dari mereka dan dengan bangga mengumumkan duta Oranje Indonesia, seperti Vincent Rompies, Valentino ‘Jebreeet’ Simanjuntak, Rebecca Reijman, Ona Hetharua dan Marc Klok.

“Kami berterima kasih kepada mereka sebagai duta dari Oranje Indonesia, karena mereka semua memiliki hubungan yang baik dengan Oranje dan Indonesia dengan caranya sendiri.” kata Gijs de Jong.

Pada jeda internasional mendatang, tepatnya 25 September, KNVB mengundang Valentino ke pertandingan Oranje sebelum Piala Dunia. Oranje akan memainkan pertandingan Nations

League melawan Belgia di Johan Cruijff ArenA. Valentino tidak hanya akan mengunjungi pertandingan, tetapi juga akan merasakan atmosfer Oranje bersama para penggemar di Belanda dan akan membawa pengalaman ini kembali ke Indonesia untuk Oranje Indonesia Festival.

Kolaborasi Partner untuk Oranje Indonesia Festival

Timnas Belanda
Timnas Belanda. (Twitter KNVB)

Selama kunjungan KNVB ke Indonesia, KNVB juga membuka perbincang dengan calon mitra komersial, mitra media, dan pemangku kepentingan lainnya. Untuk menyukseskan Oranje Indonesia Festival, KNVB mencari kombinasi yang tepat dari mitra kolaborasi Indonesia dan Belanda.

Selain itu, KNVB juga menyelenggarakan acara jejaring di Erasmus Huis bersama dengan Jaringan Bisnis Belanda dan Kedutaan Besar Belanda pada hari ini, Rabu (1/9) malam WIB.

Merchandise Oranje Indonesia

Timnas Belanda
Timnas Belanda. (Twitter KNVB)

KNVB tidak hanya melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki fanbase yang besar tetapi sangat ingin memberikan sesuatu yang spesial kepada para Oranjefans di Indonesia. Untuk itu, KNVB meluncurkan koleksi merchandise eksklusif Oranje Indonesia. Dalam desain koleksi ini, baik Singa (Belanda) dan Garuda (Indonesia) sama-sama ditampilkan setara.

“Dengan desain ini KNVB merangkul semua penggemar sepak bola Indonesia sebagai teman dan keluarga dalam mendukung tim nasional Belanda sebagai 'tim favorit kedua' dengan tetap menghormati Timnas Garuda,” jelas Gijs de Jong.

KNVB memposisikan Oranje sebagai 'tim favorit kedua di dunia'. KNVB sangat mengapresiasi dukungan suporter Indonesia yang sangat luar biasa terhadap Timnas Indonesia. Oleh karena itu, KNVB menempatkan Oranje sebagai 'tim favorit kedua' setelah Timnas Indonesia.

Sebagian besar penggemar sepak bola internasional mendukung Oranje, karena mereka menggemari filosofi permainan dan mengidolakan pemain bintang Oranje atau mengenang beberapa momen bersejarah Oranje yang dekat di hati mereka.

“KNVB ingin menginspirasi para penggemar di Indonesia yang mencintai Oranje selama bertahun-tahun, dengan tetap menjadikannya 'tim favorit kedua'. Agar tetap menjadi 'tim favorit kedua', KNVB akan membuat konten yang menyesuaikan dan melakukan aktivitas untuk penggemar lokal di seluruh Indonesia, seperti festival dan merchandise Oranje Indonesia,” ucap Gijs.

Aktivitas KNVB di Indonesia

Timnas Belanda
Timnas Belanda. (Twitter KNVB)

Indonesia telah menunjukkan dukungan mereka untuk Oranje selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, KNVB ingin memberikan sesuatu kepada para penggemar dan memasukkan mereka ke dalam strategi internasional baru mereka (khusus penggemar).

Pada tahun 2021, KNVB memulainya dengan mengeksekusi strategi internasional ini dengan meluncurkan akun Instagram @Oranje_Indonesia berbahasa Indonesia untuk semua Oranjefans di Tanah Air. Selain itu, KNVB membuat konten berpendekatan lokal bersama atlet di sepak bola lokal Indonesia (berdarah Belanda), mengadakan beberapa acara bersama komunitas, coaching clinic sepak bola di seluruh negeri hingga mengundang dua penggemar Indonesia merasakan atmosfer pertandingan Oranje secara langsung di Belanda.

KNVB Menguatkan Hubungan Diplomatik Indonesia dan Belanda

Timnas Belanda
Timnas Belanda. (Twitter KNVB)

KNVB tidak hanya fokus pada Piala Dunia mendatang, tetapi juga telah memasukkan Indonesia dalam strategi jangka panjang internasional. Dalam strategi ini KNVB ingin memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. Oleh karena itu, KNVB sudah menjalin hubungan jangka panjang dengan PSSI, Kementerian Pemuda & Olahraga, dan KBRI di Belanda.

Selama pertemuan ini topik kolaborasi seperti pengembangan sepak bola, program KNVB WorldCoaches di Indonesia, program pertukaran pendidikan sepak bola dan kamp pelatihan Timnas Indonesia di Belanda telah dibahas.

Knvb Belanda Timnas Belanda Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan