FIBA Asia Cup 2022: Demi ke Perempat Final, Timnas Harus Lewati Tembok China

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 16 Juli 2022
FIBA Asia Cup 2022: Demi ke Perempat Final, Timnas Harus Lewati Tembok China

Perjuangan tim nasional basket Indonesia menuju perempat final FIBA Asia Cup 2022 tak akan mudah. Tim Garuda akan berhadapan dengan satu di antara raksasa basket Asia yakni China pada playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022.

Indonesia dipastikan bertemu denganChina setelah tim Negeri Bambu mengalahkan China Taipei pada laga terakhir Grup B, Sabtu (16/7). China menang 95-80 atas China Taipei.

Pertandingan berjalan berlangsung ketat sejak awal. Center China Wang Zelin membuka skor yang dibalas satu free throw masuk William Artino. Setelahnya, Cina melesat dengan keunggulan 9-1 lewat tembakan Wang Zelin saat pertandingan baru berjalan 2 menit 20 detik. China Taipei berusaha keras mengejar, tapi masih tertinggal 19-28 di kuarter pertama.

Kuarter kedua, China Taipei bermain lebih taktis. Meskipun relatif bisa mengimbangi, China berhasil menjaga keunggulan dari kuarter pertama dan menambahnya dengan tipis di akhir kuarter kedua untuk unggul 54-43 di halftime.

China Taipei kemudian menggebrak di awal kuarter tiga dengan mencetak lima poin beruntun yang memaksa pelatih China Du Feng mengambil time out. China kemudian memasukkan tembakan tiga angka melaui Rui Zhao. Setelahnya pertarungan terus berjalan ketat. China Taipei mengejar tapi kesulitan menempel dengan mengakhiri kuarter ketiga dengan skor 74-65. China yang lebih bertenaga karena merotasi pemain dengan baik kemudian melesat pada kuarter akhir untuk menutup skor 95-80.

Enam pemain China mencetak dobel digit, yakni Wang Zhelin (17 poin), Sun Minghui (16 poin), Zhao Rui (15 poin), Xu Jie (13 poin), dan Zhou Qi dan Hu Mingxuan yang sama-sama mencetak 10 angka.

"Dibandingkan pertandingan game pertama dan kedua, permainan kami lebih baik karena banyak pemain yang sudah pulih dan bisa memperkuat tim. Indonesia bermain bagus, akan susah untuk melawan mereka. Ini tantangan untuk kami agar bermain lebih tenang dengan atmosfer seperti ini dan menjalankan strategi pelatih," kata guard China, Zhao Rui.

Mengalahkan China dan lolos ke perempat final FIBA Asia Cup 2022 menjadi harga mati bagi tim nasional basket Indonesia. Lolos ke babak delapan besar sama dengan mengamankan tiket ke FIBA World Cup 2023 yang menjadi target utama tim nasional basket Indonesia.

Breaking News FIBA FIBA Asia Cup 2022
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan