BolaSkor.com - Menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 tak membuat Indonesia mendapat tiket otomatis ke putaran final. FIBA menetapkan aturan di mana tim Garuda, minimal harus lolos ke delapan besar FIBA Asia Cup 2021.

Pernyatan ini dikeluarkan FIBA melalui situs resminya, Selasa (4/8). Dalam keterangan tertulis, FIBA tidak memberi keistimewaan seperti Jepang dan Filipina yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

Indonesia akan memakai satu jatah wakil Asia jika berhasil lolos ke delapan besar FIBA Asia 2021. Namun, jika gagal, kuota peserta tetap sama.

Adapun saat ini Indonesia masih dalam fase kualifikasi menuju FIBA Asia Cup 2021. Pada Februari 2020, tim Garuda sudah melakoni pertandingan melawan Filipina dan Korea Selatan yang berakhir kekalahan.

Baca Juga:

Hasil NBA: Duet Westbrook-Harden Bantu Rockets Kalahkan Bucks

James Harden Dekati Rekor Wilt Chamberlain di NBA

Demi mewujudkan target lolos ke delapan besar FIBA Asia Cup 2021, Indonesia sudah melakukan berbagai persiapan. Satu di antaranya dengan menyiapkan pemain naturalisasi yakni Lester Prosper dan Brandon Jawato.

Timnas Basket Indonesia tengah berusaha agar proses naturalisasi Brandon dan Lester bisa dipercepat. Pasalnya, Indonesia harus tampil pada Kualifikasi FIBA Asia 2021.

Apalagi lawan-lawan yang akan dihadapi tidak bisa dipandang sebelah mata. Terdapat Filipina serta Korea Selatan di Grup A bersama Timnas Basket Indonesia.