BolaSkor.com - Ketua Umum Persatuan Basket Indonesia (Perbasi), Danny Kosasih, mengungkapkan permintaan FIBA kepada pihaknya. Menurut Danny, FIBA meminta Perbasi menyiapkan Timnas Basket Indonesia.

Timnas Basket Indonesia akan mengikuti Kualifikasi FIBA Asia di Bahrain dalam waktu dekat. Awalnya skuat asuhan Rajko Toroman akan melawan Korea Selatan dan Thailand, tetapi kini hanya Thailand.

Indonesia sendiri mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Dalam persiapan menjelang ajang tersebut, FIBA meminta Timnas Basket Indonesia memiliki tiga lapis skuat.

Baca Juga:

Timnas Basket Indonesia Hanya Bertanding Sekali di Kualifikasi FIBA Asia

Keunggulan Brandon Jawato dan Lester Prosper di Mata Abraham Damar Grahita

Danny sendiri mengatakan Perbasi bakal memenuhi permintaan tersebut. Menurutnya, selain timnas asuhan Toroman, akan ada tim elit muda.

"Kami diberikan kepercayaan oleh FIBA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kami persiapkan agar bisa menjadi tuan rumah FIBA Asia 2021 di Jakarta dan Piala Dunia 2023," kata Danny.

"FIBA meminta Perbasi memiliki layer Timnas Basket Indonesia. Mungkin sudah dengar kami melaporkan bahwa tim elit muda sudah TC di Cirebon dan kami ikut sertakan di IBL 2021."

"Pada awal 2021, kami akan menyiapkan timnas U-18. Jadi, Coach Toro punya tiga lapis timnas. Jadi persiapan ini tidak hanya untuk 2023, setelahnya Indonesia bisa menanjak juga," lanjutnya.