FIFA Akan Meninjau Ulang Sistem Fair Play Penentu Peringkat Klasemen

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 30 Juni 2018
FIFA Akan Meninjau Ulang Sistem Fair Play Penentu Peringkat Klasemen
Sadio Mane (Zimbio)

BolaSkor.com - FIFA akan melakukan evaluasi sistem Fair Play yang baru diperkenalkan dalam menentukan peringkat klasemen di Piala Dunia. Sistem ini yang membuat Senegal terdepak dari Piala Dunia 2018 karena mengoleksi kartu kuning lebih banyak daripada Jepang.

Senegal kalah 0-1 dari Kolombia dalam pertandingan grup terakhir. Sementara Jepang kalah 0-1 dari Polandia pada saat yang sama. Karena Senegal dan Jepang memiliki poin dan selisih gol yang sama, peringkat ditentukan sistem fair play. Jepang maju ke babak 16 karena memiliki kartu kuning lebih sedikit.

Aturan yang baru pertama kali digunakan di Piala Dunia ini sempat menyebabkan kehebohan. Pasalnya Jepang terkesan mengambil keuntungan dari situasi fair play ini. Jepang hampir tidak pernah menyerang meski sudah tertinggal dari Polandia. Mereka tak mau ambil risiko mendapatkan tambahan kartu kuning.

"Kami akan meninjau ulang setelah Piala Dunia ini. Kami akan melihat masukan dan situasinya," kata direktur kompetisi FIFA Colin Smith. "Namun untuk saat ini kami tetap dengan sistem tersebut dan belum melihat adanya kebutuhan untuk melakukan perubahan."

Piala Dunia 2018 Fifa
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan